Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Capai 80%, Ini Dia Lokasinya

Lugas Subarkah
Selasa, 09 Mei 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Capai 80%, Ini Dia Lokasinya Ilustrasi pengemudi melintasi jalan tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo juga terus berlanjut. PPK pembebasan lahan tol Jogja Solo, Dian Ardiyansyah, menuturkan persentase berdasarkan bidang, lahan yang telah dibebaskan pada seksi 1 sebesar 80,3% dan seksi 2 sebesar 28,6%.

Di DIY, lokasi yang sudah dibebaskan meliputi Kapanewon Kalasan yakni Tamanmartani, Selomartani, Tirtomartani dan Purwomartani; Kapanewon Prambanan di Kalurahan Bokoharjo; dan Kapanewon Mlati di Kalurahan Tirtoadi.

Advertisement

Meski demikian, belum semua lahan di kalurahan-kalurahan tersebut telah dibebaskan. “Di Bokoharjo, belum semua terbebaskan, masih ada dua SPP yang belum turun surat LMAN dan satu SPP proses surat penjadwalan pembayaran UGK ke P2T [Panitia Pendagaan Tanah],” kata dia.

Kemudian di Tamanmartani, beberapa lahan yang belum dibebaskan sudah dijadwalkan pembayaran UGK-nya pada 11 Mei ini. Sedangkan untuk tanah karakteristik, seperti halnya Jogja-Bawen, akan menggunakan izin Palilah dan serat kekancingan.

Kemudian untuk seksi 3, yakni Jogja-YIA, saat ini masih dalam proses konsultasi publik di wilayah Kulonprogo. “Masih berlangsung sampai akhir Mei. Untuk wilayah Sleman dan Bantul sudah selesai,” ujarnya.

BACA JUGA: Hunian Sementara Warga Terdampak Tol Jogja-Solo untuk Menampung Barang

Progres Jalan Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,8 km mencapai 36,14% untuk pengerjaan konstruksi dan 64,65% untuk pembebasan lahan. Ditargetkan untuk Seksi 1 di Wilayah DIY keseluruhannya selesai pada 2024.

Salah satu pekerjaan yang sedang dilakukan adalah pekerjaan Jembatan Elevated pada Saluran Mataram, adanya Jembatan Elevated ini di buat agar tidak menggangu aliran sungai sehingga aliran tersebut masih bisa di manfaatkan oleh masyarakat.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), A.J. Dwi Winarsa menjelaskan rencana pemasangan Erection Girder (Instalasi Jembatan) Perdana di lokasi Selokan Mataram pada Bulan Mei 2023.

“Pekerjaan ini merupakan proses pengangkatan gelagar beton yang sudah di produksi sehingga jembatan terpasang di atas sungai mataram,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement