Advertisement

Kapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA Akan Dibahas Bersama Warga? Ini Perkiraannya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 13 Februari 2023 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Kapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA Akan Dibahas Bersama Warga? Ini Perkiraannya Ilustrasi jalan tol. Konsultasi publik Tol Jogja YIA sampai sekarang belum dimulai. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Konsultasi publik pengadaan lahan Tol Jogja Solo Seksi 3 belum digelar. Pemerintah Pusat mendorong Pemda DIY segera memulai konsultasi publik ruas tol yang juga dikenal sebagai Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) ini.

Konsultasi publik akan membahas pembebasan lahan Tol Jogja YIA dengan warga. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-YIA Kementerian PUPR, Dian Hardiyansyah, menyampaikan hingga saat ini instansinya belum menerima jadwal konsultasi publik dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY. Dia pun berharap konsultasi publik dapat dilangsungkan dengan segera. 

Advertisement

Dian menyampaikan berdasarkan informasi yang didapatnya, Dispertaru DIY masih merencanakan jadwal konsultasi publik tersebut. “Masih disusun, masih direncanakan [konsultasi publik],” ucapnya Senin (13/2/2023). 

Sebelum konsultasi publik tersebut, ada pendataan bagi warga terdampak proyek Tol Jogja YIA di Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kulonprogo. Hingga kini, Dian menyampaikan pendataan awal untuk Sleman dan Bantul sudah rampung, dan menyisakan pendataan awal untuk warga terdampak di Kulonprogo. 

Kabupaten Sleman dan Bantul telah merampungkan tahap pendataan awal sehingga dapat melangsungkan konsultasi publik terlebih dulu. Sementara, pendataan di Kabupaten Kulonprogo belum selesai.

BACA JUGA: Warga Jobohan Prambanan hingga Kini Belum Dapat Kepastian Pencairan Ganti Rugi Tol Jogja

“Pendataan awalnya saya berharap Februari ini rampung,” katanya. 

Pendataan awal tersebut berguna untuk memastikan kepemilikan tiap bidang tanah yang dilewati Jalur Tol Jogja Solo Seksi 3. Sementara,  ukuran pasti dari tiap bidang tanah yang akan digunakan untuk jalur tol akan diukur  oleh Satgas BPN DIY pada saat pengukuran nantinya.

“Luasan nanti diukur pada saat pelaksanaan oleh Satgas dari BPN, yang kami data by name, nama warga sesuai atau tidak, karena kami survei pertama 2019,” ucapnya. 

Konstruksi Tol Jogja YIA rencananya dibangun mulai tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement