Advertisement

UGM Tambah Sumber Energi PLTS

Lugas Subarkah
Kamis, 11 Mei 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
UGM Tambah Sumber Energi PLTS Listrik tenaga surya - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama PT Pertamina RNE terus mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dalam kampus. Upaya UGM dan PT Pertamina RNE ini sebagai bentuk kolaborasi dalam mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, Arief Setiawan Budi Nugroho, mengatakan konsumsi energi listrik gedung-gedung di UGM sangat besar. Tercatat dalam setahun konsumsi energi listrik di UGM mencapai 25,63 GWh atau rata-rata 2,1 GWh per bulan dan

Advertisement

Baru 1% konsumsi listrik ini dikontribusikan oleh energi terbarukan. “Ini artinya UGM juga menjadi penghasil emisi yang cukup besar karena sumber energi terbesar saat ini berasal dari grid PLN dengan bahan bakar utama fosil," ujarnya saat meresmikan PLTS di Fakultas Geografi UGM, Kamis (11/5/2023).

BACA JUGA: Ribuan Lowongan BUMN Dibuka di 120 Perusahaan, Cek Daftarnya Segera

PLTS ini merupakan hasil kerja sama antara UGM dan Pertamina RNE untuk ruang Siti Nurbaya, Gedung Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB) Fakultas Geografi UGM. Dengan peresmian PLTS kali ini tentunya semakin menambah jumlah gedung di UGM yang terpasang panel surya. 

Tercatat hingga kini sudah ada tujuh gedung di UGM menggunakan panel surya sebagai sumber energi listrik dengan total kapasitas sebesar 326,25 kilo watt peak (kWp). Dengan total 50 gedung di UGM, maka masih 43 gedung yang berpotensi untuk menggunakan PLTS sebagai sumber energi listrik.

“Jadi, kalau tujuh gedung tadi baru berkontribusi 1 persen maka dengan 43 gedung lainnya kira-kira enam kali lipatnya. Kita berharap kerja sama UGM dengan PT Pertamina RNE akan lebih erat dan terus bisa berkembang. Juga dalam riset-riset yang bisa dilakukan bersama sehingga dapat mewujudkan ketahanan energi untuk Indonesia yang dicita-citakan di 2060,” ungkapnya.

Direktur SDM & Penunjang Bisnis Pertamina RNE, Said Reza Pahlevy, menambahkan dalam mendukung percepatan transisi energi di Indonesia, Pertamina senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak salah satunya dengan civitas akademika Universitas Gadjah Mada.

PLTS di UGM yang diinisiasi pada awal tahun 2021 pada pelaksanaan di lapangan berdinamika menyangkut soal perizinan, birokrasi di internal Pertamina dan lain-lain. Ia mengakui tidak mudah mewujudkan proyek-proyek Energi Baru Terbarukan.

Sebagai contoh, proyek-proyek di internal Pertamina misalnya upaya memasang PLTS di koperasi-koperasi atau SPBU-SPBU yang jumlahnya mencapai hampir 1.000 SPBU. Proyek-poyek semacam itu terkadang terkendala di perizinan dari Kementerian atau pihak PLN yang memberikan batasan-batasan tertentu.

Bahkan, beberapa alat PLTS yang sudah terlanjur dipasang di beberapa tempat tidak bisa beroperasi mengingat perizinan belum tuntas. “Perizinan ini nampaknya lapisannya banyak sekali. Kementerian BKPM juga terlibat, Kementerian ESDM, PLN, tapi kita tidak pernah berhenti untuk mengampanyekan mengingat PLTS ini salah satu energi terbarukan paling mudah,” kata dia. PLTS di UGM iini menjadi harapan baru penggunaan energi bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Kini Diusut Bareskrim

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement