Advertisement

Pembangunan Kelok 18 JJLS Gunungkidul Bantul Tunggu Dana Pinjaman Rp241 Miliar dari Islamic Development Bank

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 11 Mei 2023 - 16:32 WIB
Budi Cahyana
Pembangunan Kelok 18 JJLS Gunungkidul Bantul Tunggu Dana Pinjaman Rp241 Miliar dari Islamic Development Bank Proses pembangunan jembatan yang menghubungkan ruas JJLS perbukitan Rowari di Kalurahan Tepus, Tepus. Foto diambil beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan Kelok 18 di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Gunungkidul dan Bantul masih menunggu pinjaman dana Rp241 miliar dari Islamic Development Bank (IDB).

Pemenang tender proyek di Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) tersebut sudah ditentukan. Dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), tender proyek itu dinamai Pembangunan Jalan Baru Kretek-Girijati.

Advertisement

Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DIY Wahyu Widyantoro mengatakan PT Waskita Karya (Persero) telah memenangi tender atas proyek tersebut dengan nilai Rp241 miliar, tepatnya Rp241.031.298.950,80. Meski begitu, penandatanganan kontrak masih menunggu pendanaan dari Islamic Development Bank.

BACA JUGA: Bakal Menghubungkan Seluruh Pantai Selatan Jogja, Ini Progres Pembangunan JJLS

“Ini proyek pinjaman [menggunakan dana pinjaman dari IDB]. Jadi menunggu ketersediaan [dana] dari IDB. Nunggu ketersediaan dari IDB, ketika nanti sudah pasti turun, baru kami tanda tangan kontrak,” katanya, Kamis (11/5/2023).

Wahyu mengungkapkan pendanaan untuk proyek tersebut seluruhnya akan menggunakan dana pinjaman IDB. Dia pun tak dapat memastikan kapan pinjaman tersebut akan cair dan masih menunggu arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Setelah kepastian dana pinjaman dari Islamic Development Bank cair, kontrak dengan pemenang tender akan diteken dan proyek fisik dimulai. Wahyu juga tidak dapat memastikan kapan pekerjaan fisik proyek tersebut mulai dapat dilakukan.

BACA JUGA: Asyik! Rest Area di JJLS Gunungkidul Mulai Dibuka, Catat Lokasinya

“Tergantung tanggal kontraknya, tanggal mulai kerjanya, nanti berakhirnya dihitung dari tanggal pelaksanaannya. Harapannya semakin cepat diselesaikan,” imbuhnya.

Wahyu memperkirakan pekerjaan fisik Kelok 18 di JJLS Gunungkidul dan Bantul akan rampung tahun depan.

“Sepertinya tahun depan, tahun ini kan tinggal beberapa bulan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Pengemudi Fortuner Ugal-ugalan Buang Pelat Nomor TNI di Lembang

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement