Advertisement

Mantan Kepala Vulkanologi Mbah Rono Maju DPR RI: Kebencanaan DIY Akan Saya Prioritaskan

Triyo Handoko
Jum'at, 12 Mei 2023 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mantan Kepala Vulkanologi Mbah Rono Maju DPR RI: Kebencanaan DIY Akan Saya Prioritaskan Mbah Rono berada dalam acara "Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia" di Stadion Kridosono, Sabtu (23/3/2019. - Harian Jogja/Hamid Abdul Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono atau akrab disapa Mbah Rono akan maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI dari DIY. Mbah Rono disokong PDI Perjuangan (PDIP) dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Kemarin [Kamis] di Jakarta Sekjen PDIP Pak Hasto sudah mengumumkan saya sebagai calegnya, saya juga siap maju,” kata Mbah Rono, Jumat (12/5/2023).

Advertisement

Mbah Rono menjelaskan dirinya siap ditempatkan dimana saja oleh PDIP, namun pilihannya sendiri jatuh di DIY. “Belum final juga, baru didaftarkan ke KPU RI, nanti dimanapun keputusan partai mengutus saya akan saya terima,” ujarnya.

DIY bagi Mbah Rono jadi pilihannya karena sudah belasan tahun mengabdi di Bumi Mataram ini. “Saya sudah paham seluk beluk Jogja, luar dalam tahu betul, saat menghadapi gempa 2006 sampai beberapa kali Gunung Merapi erupsi saya mendampingi masyarakat DIY, latar sejarah itu yang membuat saya sangat ingin mewakili masyarakat DIY,” jelasnya.

Baca juga: Puskesmas di Sleman Dihujani 7 Tembakan, Polisi Masih Penyelidikan

Visi utama Mbah Rono adalah mengembangkan potensi ekonomi dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana. “Kebencanaan itu sudah jelas, itu keilmuan saya, di DIY itu masyarakatnya luar biasa menghadapi bencana itu yang akan saya tingkatkan. Apalagi ancaman bencana cukup tinggi di DIY, dari sesar opak, ancaman gempa, tsunami, sampai Gunung Merapi,” terangnya.

Selain seputar kebencanaan, soal ekonomi menurut Mbah Rono DIY memiliki potensi UMKM dan pariwisata yang bisa ditingkatkan lebih luas lagi. “Potensi ekonomi UMKM dan pariwisata ini penting untuk ditingkatkan bersama karena bisa mengentaskan kemiskinan DIY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement