Advertisement

Caleg Gunungkidul Dihiasi Muka Lama, 6 Petahana Cari Peruntungan ke Provinsi

David Kurniawan
Minggu, 14 Mei 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Caleg Gunungkidul Dihiasi Muka Lama, 6 Petahana Cari Peruntungan ke Provinsi Pemilu / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pertarungan untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPRD Gunungkidul di 2024 masih akan dihiasi muka-muka lama. Pasalnya, dari 45 anggota DPRD yang sekarang menjabat, 39 orang di antaranya mencalonkan kembali untuk periode 2024-2029.

Adapun enam orang lainnya akan naik tingkat dan mencari peruntungan untuk bersaing menduduki kursi di DPRD Provinsi. Keenam orang ini di antaranya Dhemas Kursiswanto dari PDI Perjuangan; Timbul Suryanto dari PKB; Suharno dan Muhammad Ishom dari Nasdem; serta duet Ari Siswanto dan Arif Wibawa dari PKS.

Advertisement

Anggota DPRD Gunungkidul dari PKS, Ari Siswanto mengatakan partainya sudah resmi mendaftarkan bacaleg untuk pileg 2024. Ia tidak menampik didalam daftar ini, dirinya dan Arif Wibawa tak lagi masuk karena didaulat untuk maju ke provinsi. “Petahana yang bertahan hanya dua orang. Sedangkan dua lainnya [Ari Siswanto dan Arif Wibawa] ditugaskan partai maju ke provinsi,” katanya, Minggu (14/6/2023).

BACA JUGA: Parpol Berduyun-duyun Daftarkan Bakal Caleg ke KPU Sleman

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi Nasdem, Riyan Eko Wibowo. Untuk bacaleg DPRD Gunungkidul sudah didaftarkan, namun tidak semua anggota dewan yang menjabat didaftarkan semua karena ada dua orang didaulat maju ke tingkat provinsi. “Nasdem punya sembilan kursi. Tujuh petahana bakal bertarung lagi di DPRD kabupaten, sedangkan dua lainnya maju ke provinsi,” katanya.

Anggota DPRD dari Nasdem yang bakal bertarung ke provinsi adalah Wakil Ketua DPRD Suharno dan Muhammad Ishom. “Berhubung maju ke provinsi, maka keduanya tidak masuk dalam bacaleg di Gunungkidul,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti mengatakan, tidak semua bacalon petahana kembali maju. Pasalnya, dari sepuluh wakil rakyat yang dimiliki hanya sembilan orang maju kembali. “Untuk Pak Dhemas oleh partai ditugaskan maju ke provinsi,” katanya.

Endah mengakui, seluruh bacaleg di pileg Gunungkidul sudah didaftarkan sebanyak 45 orang. “Kami juga telah memenuhi kuota untuk keterwakilan perempuan minimal 30%,” katanya.

Wakil Ketua DPC PKB Gunungkidul, Yulinda Nur Respati mengatakan, partainya memiliki empat wakil di DPRD Gunungkidul. Meski demikian, tidak semuanya maju lagi di tingkat kabupaten karena ada satu orang yang maju sebagai bacaleg provinsi. “Tiga [termasuk Yulinda] maju lagi. Sedangkan Pak Timbul Suryanto akan maju ke provinsi,” katanya.

Sementara itu, untuk dewan dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat hampir dipastikan maju kembali guna memperutkan kursi DPRD Gunungkidul karena telah didaftarkan oleh masing-masing partainya. “Di DPRD Gunungkidul ada enam wakil dan semuanya maju kembali di Pileg 2024,” kata Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin.

Ketua DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan, partainya memiliki lima kursi di DPRD Gunungkidul. Di Pileg 2024, lima wakil rakyat ini akan kembali bertarung guna memperebutkan kursi untuk periode 2024-2029. “Sudah didaftarkan. Dari 45 bacaleg yang diusung, lima orang di antaranya merupakan petahana,” katanya.

Sekretaris DPC Demokrat Gunungkidul, Eko Rustanto mengatakan, tiga kader yang berstatus anggota DPRD Gunungkidul akan maju lagi di Pileg 2024. “Masih maju lagi semua untuk memperebutkan kursi untuk periode lima tahunan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement