Advertisement

Terbagi 3 Kloter, Jemaah Calon Haji Gunungkidul Berangkat Mulai 6 Juni 2023

David Kurniawan
Jum'at, 19 Mei 2023 - 18:47 WIB
Sunartono
Terbagi 3 Kloter, Jemaah Calon Haji Gunungkidul Berangkat Mulai 6 Juni 2023 Ibadah haji / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kantor Wilayah Kementerian Agama Gunungkidul menyatakan jumlah calon jemaah calon haji yang berangkat tahun ini sebanyak 416 orang. Rencananya pemberangakatan dilaksanakan mula 6-8 Juni 2023.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Gunungkidul, Taufik Ahmad Soleh mengatakan, seluruh calon berjumlah 416 orang telah menyelesaikan kewajiban membayar ongkos biaya haji. Selain itu, telah mengurus berbagai akomodasi untuk keperluan ibadah selama berada di tanah suci.

Advertisement

BACA JUGA : 33 Calon Haji Asal Gunungkidul Gagal Berangkat

“Akomodasi mulai dari paspor hingga visa sudah beres semua,” kata Taufik, Jumat (19/5/2023).

Dia menjelaskan, pemberangkatan calon haji Gunungkidul terbagi menjadi tiga gelombang. Pemberangkatan pertama yang terdiri dari 353 orang dan masuk kloter 47 SOC berangkat pada 6 Juni 2023. “Kloter 47 yang berangkat semuanya berisi jamaah asal Gunungkidul,” katanya.

Adapun sebanyak 46 jemaah yang tergabung dalam kloter 49 merupakan gabungan calon haji asal DIY. Rencananya diberangkatkan pada 7 Juni 2023. “Masih ada 14 calon haji Gunungkidul dan pemberangkatan pada 8 Juni yang ikut dalam kloter 52,” katanya.

Taufik mengatakan pemberangkatan di 2023 merupakan paling banyak dibandingkan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. “Memang ini yang paling banyak. Mudah-mudahan kuota ke depannya bisa terus ditambah,” katanya.

BACA JUGA : Ribuan Calon Jemaah Haji Sleman Mulai Ikuti Bimbingan

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Kemenag Gunungkidul, Sya’ban Nuroni. Menurut dia, persiapan telah dilakukan mulai dari akomodasi hingga penyelenggaraan manasik haji. “Sudah siap dan semoga penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Sya’ban mengungkapkan, pemantauan kesehatan para jamaah juga terus dilakukan. Termasuk memberikan vaksinasi meningitis kepada calon haji asal Gunungkidul. “Vaksinasi dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo dan Sudaryono

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement