Advertisement

Pemda DIY Lelang 37.743 Liter Minyak Kayu Putih, Tertarik?

Triyo Handoko
Minggu, 21 Mei 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Pemda DIY Lelang 37.743 Liter Minyak Kayu Putih, Tertarik? Pohon kayu putih. - KLHK

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY melelang minyak kayu putih sebanyak 37.743 liter. Lelang tersebut terbuka untuk umum di mana dibuka harga awal sebesar Rp240.000 per liter.

Produsen minyak kayu putih terbesar di DIY berada di Gunungkidul. Di mana DLHK DIY memiliki dua pabrik pengolah daun kayu putih jadi minyak kayu putih di Sendang Mole dan Gelaran, keduanya berada di Gunungkidul.

Advertisement

Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan lelang minyak kayu putih merupakan agenda rutin dinasnya. “Setiap tahun kami rutinkan untuk melakukan lelang, harga dasarnya kami sesuaikan dengan harga pasar,” jelasnya, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA: Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Minyak kayu putih, jelas Kuncoro, merupakan salah satu produk unggulan hasil hutan bukan kayu di DIY. “Selama ini pengalamannya kalua lelang semuanya terserap habis, kebanyakan terserap ke industri kecil,” katanya.

Kuncoro merinci tiga lahan kayu putih DIY di Gunungkidul yang terbesar menyumbang produksi, yaitu bagian daerah hutan (BDH) Karangmojo terdapat 15 petak, BDH Playen ada 12 petak, dan BDH Panggang sebanyak dua blok. “Hasil lelang untuk perawatan lahan kayu putih ini juga agar terus terawatt,” ujarnya.

Melalui mekanisme APBD DIY, jelas Kuncoro, uang hasil lelang juga untuk pembiayaan pembenihan kayu putih. “Pembenihan kami lakukan terus, terutama kalau ada pohon yang mati atau tidak produktif langsung kami ganti dengan bibit pohon baru,” ucapnya.

Lelang yang diselenggarakan DLHK DIY ini dapat diikuti pelaku usaha berbadan hukum dan individu yang memiliki NPWP. “Sekarang sudah memasuki tahap pelelangan sampai 23 Mei nanti, setelah itu kami umumkan pemenang lelangnya,” terang Kuncoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement