Advertisement

Peserta Lelang Jabatan di Gunungkidul Akan Jalani Uji Asesmen

David Kurniawan
Minggu, 21 Mei 2023 - 17:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peserta Lelang Jabatan di Gunungkidul Akan Jalani Uji Asesmen ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Panitia Seleksi lelang jabatan telah menyelesaikan seleksi administrasi calon Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gunungkidul. Rencananya, peserta yang lolos bakal menjalani tes asesmen mulai 22-24 Mei 2023 di UPT Balai Pengukuran Kinerja Pegawai, BKPP DIY.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar mengatakan, pendaftar untuk lelang jabatan di lima kepala OPD yang kosong diikuti oleh 28 orang. Tahap seleksi administrasi telah dilakukan dan seluruh peserta dinyatakan lolos ke tes berikutnya.

Advertisement

“Hasil dari seleksi administrasi juga sudah kami umumkan ke publik,” kata Iskandar kepada wartawan, Minggu (21/5/2023).

Dia menjelaskan, usai seleksi administrasi dilanjutkan asesmen atau uji kompetensi. Rencananya, tes ini diselenggarakan di UPT Balai Pengukuran Kinerja Pegawai, BKPP DIY.

Menurut Iskandar, masing-masing peserta lelang sudah diberikan jadwal untuk menjalani uji kompetensi. Adapun pelaksanaannya dimulai Senin (22/5/2023) hingga Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Lurah Caturtunggal Ditangkap Terkait Mafia Tanah Kas Desa, Pemda DIY: Jadi Pembelajaran Bagi Perangkat Desa Lain

“Jadwalnya sudah ada, termasuk peserta yang mengikuti tes setiap harinya,” katanya.

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan, lelang terbuka untuk jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab tertuang dalam Pengumuman No.8/Pansel/V/2023. Total ada posisi lima jabatan yang akan diisi melalui lelang.

Dia menjelaskan, sudah membuat jadwal tahapan seleksi. Rencananya setelah pendaftaran ditutup, akan dilakukan seleksi administrasi dan hasilnya akan diumumkan ke publik.

“Bagi peserta yang lolos akan mengikuti asesmen center, penulisan makalah, wawancara hingga penelusuran rekam jejak. Tes terakhir akan dilakukan dengan uji kesehatan,” katanya.

Sri Suhartanta berharap pelaksanaan lelang terbuka dapat berjalan dengan lancar sehingga selesai sesuai dengan jadwal yang telah disusun. “Mudah-mudahan di awal Juni sudah bisa menyerahkan nama-nama ke Bupati untuk dipilih menduduki di jabatan-jabatan yang dilelangkan,” katanya.

Daftar Lebih dari Satu Lowongan

Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar mengatakan, secara total ada pendaftar 28 orang. Namun, dari lima jabatan yang dibuka total ada 49 yang memasukian berkas pendaftaran.

Lowongan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang atau Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana menjadi yang terbanyak karena ada 14 orang yang melamar.

Disusul berikutnya lowongan Kepala Diskominfo yang diminati 12 pelamar dan Kepala Dinas Pariwisata sebanyak 11 pendaftar. Adapun lowongan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) lima orang dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah ada tujuh peminat.

Menurut Iskadar, berkas pendaftaran lebih banyak dikarenakan ada seorang pendaftar yang memasukan untuk lamaran lebih dari satu berkas guna mengisi jabatan yang berbeda. Sebagai contoh, Panewu Wonosari, Agung Danarta terlihat memasukan berkas untuk tiga lowongan sekaligus.

“Satu pendaftar ada memasukan tiga atau dua lamaran guna mengisi jabatan yang dilelangkan. Ini bukan masalah karena sudah dilaksanakan seleksi di daerah lain maupun di provinsi,” katanya.

Iskandar menambahkan, terkait dengan pendaftar yang memasukan lebih dari satu berkas lamaran sudah diatur oleh pansel. Oleh karenanya, pada saat penyerahan calon kandidat bupati masing-masing hanya tiga orang.

“Sudah diatur dan tidak ada soal. Semoga semua berjalan dengan lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement