Advertisement

Libur Sekolah, Dispar Maksimalkan Penarikan Retribusi

Ujang Hasanudin
Senin, 22 Mei 2023 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Libur Sekolah, Dispar Maksimalkan Penarikan Retribusi Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul akan memaksimalkan penarikan retribusi dengan menambah petugas selama musim libur sekolah pada Juni hingga Juli mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan kunjungan wisatawan pascalibur Lebaran Idulfitri sudah normal seperti sebelum ada pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari jumlah wisatawan yang masuk pada Sabtu lalu sekitar 6.000an orang dan Minggu di atas 10.000an orang.

Advertisement

Sementara untuk hari-hari biasa kisaran 3.000-5.000 orang. Menurutnya, kunjungan wisatawan akan meningkat kembali selama liburan sekolah, meski kenaikannya tidak banyak seperti liburan Lebaran.

“Pasti ada kenaikan signifikan kunjungan selama musim liburan sekolah, maka kami siapkan penambahan petugas pemungutan retribusi,” katanya, saat ditemui di Parasamya, Kompleks Pemkab Bantul, Senin (22/5/2023).

Kwintarto berujar penambahan petugas pemungutan retribusi akan difokuskan di Parangtritis dan Pantai Depok, karena destinasi wisata tersebut selama ini yang menjadi andalan dan banyak dikenal oleh masyarakat. Selama liburan sekolah itu diakuinya kunjungan wisatawan akan didominasi anak-anak sekolah yang melakukan studi tour.

Baca juga: 92 Jemaah Calon Haji dari Bantul Batal Berangkat

Biasanya tujuan kunjungan anak sekolah ke DIY itu salah satunya adalah Parangtritis. Sebagian besar rombongan anak sekolah tersebut datangnya ke Parangtritis pada malam hingga dini hari. Bahkan lebih banyak di kisaran pukul 02.00-03.30 WIB atau menjelang waktu subuh, sehingga penguatan petugas di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) akan dilakukan pada malam hingga dini hari.

“Petugas pemungutan retribusi di malam hari kami tambah, meski penambahannya tidak sebanyak seperti liburan Lebaran. Tapi pasti ada penambahan petugas,” ujarnya.

Sementara untuk atraksi, pihaknya tidak menyediakan atraksi khusus, namun ia mempersilahkan bagi masyarakat pengelola wisata untuk menyediakan atraksi dalam rangka menghibur wisatawan. Kwintarto berharap kunjungan selama liburan sekolah lebih banyak dibanding liburan Lebaran.

Parangtritis Primadona

Sementara itu jumlah kunjungan wisatawan selama liburan Lebaran, beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata Bantul mencatat ada sekitar 255.758 orang dengan perolehan Pendatapan Asli Daera (PAD) sebanyak Rp2, 4 miliar. Angka kunjungan tersebut tercatat dari mulai 21 April hingga 1 Mei 2023.

Jika dirinci per objek wisata, Pantai Parangtritis masih menjadi primadona bagi wisatawan untuk berpakansi di Bantul. Selama libur Lebaran sebanyak 184.224 wisatawan berkunjung ke Parangtritis, kemudian disusul pantai Samas 38.106 orang, Pandansimo 20.357 orang, Goa Cemara 5.936 orang, dan Kuwaru 5.324 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 47 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement