Advertisement

Cegah Kejahatan Jalanan, Polisi Patroli ke Warung-Warung

Lugas Subarkah
Jum'at, 26 Mei 2023 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Cegah Kejahatan Jalanan, Polisi Patroli ke Warung-Warung Petugas gabungan melaksanakan patroli dan imbauan ke pemilik warung di wilayah Seyegan, Kamis (25/5/2023) - ist Polresta Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Petugas gabungan dari Sat Sabhara dan Satreskrim Polresta Sleman berpatroli di wilayah Seyegan dengan sasaran warung-warung yang sering digunakan untuk nongkrong pelajar.

Kasat Reskrim Polresta Sleman, Kompol Deni Irwansah, menjelaskan razia tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan atau sering disebut klithih. Kegiatan ini untuk menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polresta Sleman.

Advertisement

BACA JUGA: Sosialisasi Pemanfaatan Tanah Kas Desa di Sleman Digencarkan

“Bila ditemukan para pelajar yang melanggar hukum, petugas akan melakukan tindakan secara tegas,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (26/5/2023). 

Adapun jika dalam patroli tersebut tidak ditemukan pelanggaran hukum, petugas di lapangan melakukan imbauan kepada pelajar dan pemilik warung. "Kami imbauan pemilik warung yang sering digunakan nongkrong pelajar, untuk memberitahu kalau ada siswa nongkrong di luar jam sekolah agar pulang," katanya.

Ia mengimbau pelajar yang berkumpul di luar jam sekolah untuk tidak mengikuti apabila ada ajakan alumni untuk melaksanakan tawuran ataupun tindakan yang melanggar hukum. "Apabila terlihat ada indikasi pelajar ingin kumpul-kumpul untuk bentrok harap hubungi 110. Ini sebagai antisipasi kenakalan remaja," kata dia.

Di samping itu, petugas juga memberikan imbauan Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di ruang-ruang kelas. Sebelum patroli pun pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak sekolah dan mendapatkan respons yang positif.

BACA JUGA: Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Gerombolan Remaja di Kulonprogo Dibubarkan Polisi

Ia memastikan patroli menjadi kegiatan rutin di setiap wilayah terutama yang terindikasi menjadi basis pelajar berkumpul. "Patroli seperti ini akan kami rutinkan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan yang melibatkan anak di bawah umur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement