Advertisement

Cultural Festival UGM Residence Jadi Wadah Berkumpulnya Mahasiswa Dari Beragam Daerah

Media Digital
Sabtu, 27 Mei 2023 - 22:57 WIB
Jumali
Cultural Festival UGM Residence Jadi Wadah Berkumpulnya Mahasiswa Dari Beragam Daerah Suasana sejumlah kegiatan Cultural Festival UGM Residence di Grha Sabha Pramana UGM yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya pada Sabtu (27/5/2023) - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Cultural Festival UGM Residence kembali digelar tahun 2023. Banyak generasi muda meramaikan kegiatan yang syarat akan nilai budaya ini.

Manajer Utama UGM Residence, Wijayanti menerangkan agenda Cultural Festival UGM Residence ini menjadi puncak dari beragam kegiatan yang diinisiasi oleh UGM Residence. Digelar dua hari yakni pada 27-28 Mei 2023, Cultural Festival menampilkan sejumlah penampilan seni dan budaya.

Advertisement

"Memang di asrama itu sepanjang tahun selalu ada kegiatan untuk anak-anak. Ada pelatihan-pelatihan dan sebagainya yang itu untuk menguatkan kompetensi mereka dam khususnya untuk membangun karakter Pancasila," terang perempuan yang akrab disapa Wiwit itu pada Sabtu (27/5/2023) malam di Grha Sabha Pramana UGM.

Dijelaskan Wiwit, Cultural Festival UGM Residence bertujuan untuk menguatkan jati dari UGM sebagai universitas kebudayaan. Sebagai bagian dari kampus, asrama UGM berusaha untuk selalu bisa mengimplementasikan nilai itu di berbagai kegiatan UGM Residence

"Jadi dari apa yang sudah kita latihkan ke anak-anak, juga dalam interaksi mereka sehari-hari yang dari berbagai daerah, berbagai fakultas, sekolah, ini puncaknya kita gelarkan di sini," ungkapnya.

Beragam kegiatan bakal dihelat dalam Cultural Festival UGM Residence. Di antaranya ada pameran seni, kolaborasi seni mahasiswa dari delapan asrama di UGM, unjuk budaya ormada, talkshow kebudayaan dan kuis kebudayaan dengan format seperti lomba cerdas cermat yang mempertandingkan perwakilan antar asrama UGM.

Selain itu juga akan dilakukan juga pemilihan Putra-Putri Cultural Festival 2023.

"Setiap tahun dipilih sepasang, tapi mereka itu ikutnya sebagai individu, jadi bukan maju sepasang gitu," jelasnya.

Cultural Festival UGM Residence tahun ini merupakan edisi ke-12 yang telah digelar. Selama digulirkan, berbagai tema kebudayaan telah diusung setiap tahunnya.

"Temanya macam-macam, tapi selalu tentang Bhineka Tunggal Ika," terangnya.

Tidak hanya diikuti para mahasiswa yang tinggal di asrama UGM Residence, Cultural Festival juga diramaikan oleh para mahasiwa di luar asrama. Festival ini berkolaborasi dengan organisasi mahasiswa daerah (ormada) dan mahasiwa yang ada di fakultas-fakultas UGM.

Diharapkan Wiwit kegiatan Cultural Festival ini dapat menjadi wadah berkumpulnya anak-anak dari berbagai daerah yang nantinya pasca kegiatan ini mereka dapat berkolaborasi untuk menciptakan kegiatan bersama yang lebih bermanfaat.

"Jadi kita penginnya di sini mereka ketemu bukan untuk bersaing untuk keunggulan daerahnya, tetapi ini biar saling kenal dan nanti mereka bisa berkolaborasi bersama-sama," harap Wiwit.

Di sisi lain, melalui kegiatan ini Wiwit berharap para mahasiwa dapat lebih mengerti tentang kebudayaan Indonesia dan kemudian memaknai nilai-nilai budaya sehingga dapat diterapkan di kehidupan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement