Advertisement

Gelar Konser Simfoni Nusantara Orkestra 2023, TBY Suguhkan Komposer Terbaik Nusantara

Media Digital
Selasa, 30 Mei 2023 - 23:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gelar Konser Simfoni Nusantara Orkestra 2023, TBY Suguhkan Komposer Terbaik Nusantara Konser Simfoni Nusantara Orkestra digelar di Cincert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (30/5/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ribuan penonton menghadiri konser musik orkestra Simfoni Nusantara Orkestra 2023 pada Selasa (30/5/2023) di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY). 

Penonton yang datang didominasi oleh muda mudi. Mereka ingin bernostalgia dengan lagu-lagu nusantara. 

Advertisement

Konser yang dikemas secara menawan tersebut menyajikan berbagai sajian musik orkestra dengan membawakan lagu-lagu nasional dengan nuansa Nusantara. Penuh dengan emosi, penonton terbawa suasana dari setiap musik yang dibawakan.

Selain itu acara tersebut digelar dalam memperingati hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei lalu sekaligus menyambut Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni. Dalam kesempatan tersebut konduktor dipimpin oleh Dwiki Dharmawan, dan bintang tamu Balawan Christopher Abimanyu

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan), Dhian Laksmi Pratiwi menyampaikan konser tersebut digelar dengan semangat nasionalisme. "Orkestra simfoni Mengangkat semangat kebangkitan nasional dengan menampilkan komponis terbaik nusantara," ujarnya saat membuka acara tersebut. 

Baca juga: Pengumuman! Ada Perbaikan Jalan Gito-Gati Sisi Timur Ditutup Sementara

"Sebagai Institusi Seni, TBY memposisikan diri sebagai etalase dan laboratorium proses kreatif digelar dan dipresentasikan wujud kepedulian seni pertunjukan kontemporer orkestra," ujar Dhian.

Dirinya juga menyampaikan bahwa acara tersebut menjadi bagian rangkaian dari berbagai acara yang dikelola oleh TBY. "Sebagai Institusi Seni, TBY memposisikan diri sebagai etalase dan laboratorium proses kreatif digelar dan dipresentasikan sebagai wujud kepedulian seni pertunjukan kontemporer orkestra," ujar Dhian.

Orkestra beberapa komponis tersebut seperti Ismail Marzuki dan AT Mahmud menjadi suguhan. Pada acara tersebut Total ada 15 aransemen lagu nasional terbaik yang dibawakan. 

Lampu Concert Hall menyoroti para penampil diikuti dengan lirik pada backround yang memudahkan penonton mengikuti liriknya. Setiap orkestra disambut dengan tepuk tangan dari penonton yang merasa terhibur. Selain itu setiap profile dari komposer diperkenalkan.

Penuh dengan emosi, penonton terbawa suasana dari setiap musik yang dibawakan dalam konser. Pentas tersebut jiga mempertunjukkan seni tari yang memukau mata para penonton. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh para relawan dari Art for Childern yang turut menjadi bagian dari keseruan malam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement