Advertisement

Indekos di Jogja Tak Punya Izin Hanya Didenda Rp200 Ribu

Triyo Handoko
Rabu, 31 Mei 2023 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Indekos di Jogja Tak Punya Izin Hanya Didenda Rp200 Ribu Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua indekos di Kota Jogja tak memiliki izin atas beroperasinya usaha persewaan kamar kost tersebut. Akibatnya dua pemilik indekos tersebut diperkarakan ke Pengadilan Negeri (PN) Jogja.

Keterangan PN Jogja menyebut terdakwa pelanggaran perizinan tersebut adalah MCN dan BH. Diketahui MCN memiliki usaha indekos dengan 17 kamar, sedangkan BH memiliki 54 kamar kost. MCN melanggar Perda Kota Jogja No.01/2017 tentang Penyelenggaraan Pondokan, lalu BH melanggar Perda Kota Jogja No.08/2021 tentang Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Advertisement

BACA JUGA: Pekan Depan, Satpol PP DIY Akan Segel Lagi Bangunan Ilegal di Lahan Tanah Kas Desa

Dua pelanggaran perizinan pondokan untuk indekos tersebut diungkap Satpol PP Kota Jogja. “Benar keduanya sudah kami bawa ke ranah tindak pidana ringan (tipiring) ke PN Jogja, sudah ada putusan pengadilan juga keduanya terbukti melanggar perizinan yang ada,” kata Pelaksana tugas Kepala Satpol PP Jogja Octo Noor Arafat, Rabu (31/5/2023).

Octo menjelaskan hukuman bagi MCN adalah pidana denda Rp200 ribu subsider tiga hari kurungan penjara. “Sedangkan terdakwa BH dihukum pidana denda Rp1,5 juta subsider tiga hari kurungan penjara,” jelasnya.

Pengusaha indekos di Jogja, jelas Octo, harus memiliki izin PBG atas bangunnya dan izin pondokan sesuai peraturan yang ada. “Bagia yang tidak memiliki izin kami minta untuk segera mengurus izin, jika tidak kami yang akan menertibkannya,” tegasnya.

Sidang tipiring dua terdakwa tersebut dilakukan pada Senin(29/5/2023) lalu. “Sesuai peraturan yang ada bagi yang melanggar perizinan maka disidang di pengadilan,” ujar Octo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement