Advertisement

Puspaga Prima DIY Siap Mendampingi Keluarga

Media Digital
Rabu, 31 Mei 2023 - 17:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Puspaga Prima DIY Siap Mendampingi Keluarga Lambang PUSPAGA PRIMA DIY. Ist

Advertisement

JOGJA—Sebagaimana sebuah lirik lagu yang sering kita dengar dan mungkin kita dendangkan, harta yang paling berharga adalah keluarga. Keluarga adalah tempat pertama kita belajar dan selalu menjadi tempat untuk kita pulang.

Namun sayangnya beberapa tahun terakhir ini, kita mendengar dan mengetahui banyaknya permasalahan yang terkait dengan kekerasan serta permasalahan keluarga lainnya, seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perceraian, pernikahan usia anak, kenakalan dan/atau kekerasan anak di jalan.

Advertisement

Kekerasan tidak hanya secara fisik tetapi juga non fisik (secara psikologis), pelaku tidak hanya orang dewasa namun juga usia anak. Hal ini tentunya membuat kita was-was dan takut apabila hal tersebut menimpa kita ataupun orang-orang terdekat kita.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY membentuk Pusat Pembelajaran Keluarga atau PUSPAGA, dengan nama PUSPAGA PRIMA DIY.

PUSPAGA PRIMA DIY merupakan tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas keluarga dengan mendorong peningkatan kapasitas orangtua, keluarga, atau orang yang bertanggung jawab mengasuh demi kepentingan terbaik anak.

PUSPAGA PRIMA DIY memiliki layanan yang dapat diakses masyarakat, yaitu Layanan Konseling dan Konsultasi, Kelas Parenting, Layanan Informasi dan Edukasi, Rujukan ke Lembaga Layanan lainnya, Layanan Penjangkauan serta Layanan Penerimaan Pengaduan.

Layanan PUSPAGA tersebut bertujuan memberikan layanan satu pintu keluarga holistik integratif berbasis hak anak, tersedianya tempat pembelajaran keluarga melalui pendidikan bagi orang tua, menguatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak untuk mewujudkan keluarga yang berkesetaraan gender dan sesuai dengan hak anak.

Tersedianya tempat mendapatkan layanan informasi, konsultasi dan konseling bagi anak, orang tua atau orang yang bertanggung jawab terhadap anak, tersedianya tempat penghubung rujukan sebagai solusi bagi permasalahan anak dan keluarga.

PUSPAGA PRIMA DIY siap melayani dengan dukungan 3 konselor dan 1 psikolog serta 1 orang petugas administrasi. Untuk mengakses layanan dapat datang langsung ke Lantai 2 Balai Perlindungan Perempuan dan Anak yang beralamat di Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 53 Bumijo, Yogyakarta atau melalui media telepon 0813 2942 68071 dan Instagram: Puspaga.diy.

PUSPAGA PRIMA DIY juga secara berkala melakukan Live Instagram dan Podcast dengan tema-tema menarik dan sesuai dengan kondisi terkini. Selain itu juga mengadakan live talkshow bekerjasama dengan beberapa media radio.

Keluarga adalah tempat kita berbagi cerita, pemberi semangat dan tempat yang selalu ada untuk kita, saatnya kita kembali ke pelukan keluarga dan saling menguatkan. PUSPAGA PRIMA DIY siap menjadi tempat untuk membantu dan mendampingi keluarga dalam mencari solusi di setiap permasalahan serta memberikan layanan terbaiknya dengan tetap menjaga kerahasiaan klien.

Mahasiswa Magister Manajemen Angkatan 40 Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta Naresthi Primasari, Soni Fitrianto, Wajiono, Endah Wahyuni. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement