Advertisement

Kementerian PUPR Bangun Rusun 6 Lantai untuk Tenaga Pendidik UGM

Media Digital
Selasa, 06 Juni 2023 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Kementerian PUPR Bangun Rusun 6 Lantai untuk Tenaga Pendidik UGM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan rumah susun untuk para tenaga pendidik di lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Advertisement

JOGJA—Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di perguruan tinggi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan rumah susun untuk para tenaga pendidik di lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bangunan vertikal tersebut dibangun setinggi enam lantai dengan 88 unit hunian dan direncanakan selesai pembangunannya pada bulan Oktober mendatang.

Advertisement

"Pembangunan rusun untuk tenaga pendidik di perguruan tinggi sangat penting untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Rusun tersebut, imbuh Iwan, diharapkan dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi para pendidik UGM. Untuk itu dalam proses pembangunannya harus tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan juga meminta kontraktor pelaksana dan manajemen konstruksi untuk memberi contoh baik dalam pembangunan hunian vertikal.

Apalagi banyak mahasiswa yang juga belajar bagaimana cara membangun konstruksi kepada Kementerian PUPR sebagai ahlinya konstruksi.

BACA JUGA: Daftar 23 Kampus Ditutup Paksa, Ada yang Dari Jogja

"Kami [Kementerian PUPR] sebagai ahli konstruksi dalam proass pembangunan harus memberi contoh baik kepada mahasiswa baik Teknik Sipil, Arsitek maupun Teknik Lingkungan. Mereka kan melihat dan belajar bagaimana membangun konstruksi rumah besar dan pembangunan konstruksi hunian vertikal sehingga pastikan di lapangan harus miliki konsep clean, clear dan shining atau Bersih Rapi dan Berkilau serta niat yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan di lapangan," katanya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III, Salahudin Rasyidi didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi DIY, Wahyu Adi Satriawan menerangkan pembangunan Rusun Tenaga Pendidik UGM berlokasi di

Gang Kinanti Barek, Kocora , Sinduadi Mlati Sleman. Pelaksanaannya dilaksanakan mulai Desember 2022 sampai Oktober 2023 mendatang.

Berdasarkan data yang ada, Rusun tenaga pendidik UGM dibangun setinggi enam lantai dan memiliki hunian sebanyak 88 unit dan dilengkapi ruang bersama. Kontraktor pelaksananya adalah PT. Abadi Prima Inti Karya dan Manajemen Konstruksi PT. Elsadai Servo Cons dan  PT Manggalakarya Bangun Sarana.

"Saat ini kami terus mendorong progres pembangunan fisik Rusun. Kami juga menerapkan Building Information Management [BIM] dan konsep bangunan hijau dan struktur sistem yang baik sehingga bisa menjadi salah satu percontohan pembangunan Rusun yang baik," katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement