Advertisement

Berhari-hari Terlibat Kerusuhan, Viral PSHT Diingatkan pada 7 Janjinya

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 07 Juni 2023 - 03:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Berhari-hari Terlibat Kerusuhan, Viral PSHT Diingatkan pada 7 Janjinya Jalan Kusumanegara, Kota Jogja, ditutup karena tawuran pada Minggu (4/6/2023) malam. - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSHT terus menjadi buah bibir masyarakat setelah terlibat kerusuhan di Jogja dan Klaten belakangan ini. Di jagad media sosial, perkumpulan silat itu diminta untuk mengingat kembali dan mengamalkan janji siswa yang dianut.

"Untuk temen2 PSHT dibaca ngih. Tolong di amalkan dan bawa nama baik perguruan kalian. Jangan mudah tersulut. Kasian Temen2 PSHT Yang ada di pusat," tulis akun Twitter Info Jateng @Jateng_Twit dikutip Harianjogja.com, Selasa (6/6/2023).

Advertisement

Akun tersebut mengunggah foto isi Janji Setia siswa PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate). Salah satu poin berbunyi tentang semangat untuk memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama manusia. 

Baca juga: Cegah Bentrokan Susulan PSHT-Brajamusti, Polres Kulonprogo Siagakan Ratusan Personel

Menghimpun dari berbagai sumber, berikut isi 7 Janji Siswa PSHT:

Janji Siswa PSHT

Janji Setia anggota Setia Hati Terate, dengan rendah hati dan penuh kesabaran kami berjanji:

1. Sebagai Anggota Persaudaraan Setia Hati Tetate, kami akan senantiasa ber-bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, Orang Tua dan Guru.

2. Persaudaraan Setia Hati Terate bagiku adalah sarana untuk mendewasakan jasmani maupun rohani, oleh karena itu dijaga dan diselamatkan keharuman namanya.

3. Sebagai Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate, kami akan senantiasa berdisiplin, patuh dan setia kepada peraturan-peraturan, tata tertib dan kewajiban-kewajiban yang di intruksikan oleh pimpinan.

4. Sebagai Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate, kami akan saling kasih mengasihi antara Anggota dengan penuh Persaudaraan.

5. Sebagai Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate, kami akan patuh dan berdisiplin di dalam berlatih.

6. Sebagai Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate, kami akan memupuk rasa rendah hati dan penuh cinta kasih terhadap sesama manusia umumnya dan kepada Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate khususnya.

7. Kami tidak akan sombong dan menggunakan pengetahuan Persaudaraan Setia Hati Terate disembarang tempat.

PSHT terlibat aksi tawuran di Jalan Taman Siswa Jogja pada Minggu (4/6/2023) malam. Kerusuhan yang sampai merusak Museum Dewantara Kirti Griya peninggalan Bapak Pendidikan Ki Hadjar Dewantara ini berawal dari konflik dengan suporter bola Brajamusti. 

Kemudian pada Selasa (6/6/2023) dini hari, PSHT juga dikabarkan membuat onar di daerah Klaten, Jawa Tengah setelah konvoi dari Solo menuju Jogja. Namun Polisi mengatakan ribut-ribut yang terjadi di dekat Masjid Al Aqsha bukan tawuran. Ribut-ribut tersebut terjadi saat sekelompok anggota salah satu perguruan silat dari arah timur dihalau oleh pihak berwajib ketika hendak menuju Jogja.

Aparat Polres Klaten telah mencegat rombongan konvoi dan mengamankan setidaknya 30 orang.

Setidaknya hingga berita ini ditulis pada Selasa (6/6/2023) malam, PSHT masih betah duduk di jajaran trending Twitter. Tagar PSHT sudah diketik hingga lebih dari 13.000 kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement