Advertisement

SMK Dirgantara Putra Bangsa Ciptakan Sekolah Hijau

Media Digital
Kamis, 08 Juni 2023 - 16:12 WIB
Maya Herawati
SMK Dirgantara Putra Bangsa Ciptakan Sekolah Hijau Lingkungan di SMK Dirgantara Putra Bangsa (Dipaba) yang terlihat hijau.

Advertisement

SLEMAN—Lingkungan sehat di dalam sekolah sangat mendukung tercapainya generasi hebat, cerdas, sehat dan berkualitas.

Menciptakan lingkungan yang sehat menjadi komitmen SMK Dirgantara Putra Bangsa (Dipaba) yang memiliki keunggulan program pramugari/pramugara dan airline staff ini bukan hanya pada tampilan fisik sekolah yang hijau, tetapi wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas pendidikan yang mengarah pada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup.

Advertisement

Kepala SMK Dirgantara Putra Bangsa, Nadjmuddin saat ditemui di kompleks sekolah di Jl. Dirgantara No.1 Blunyah Gede, Sinduadi, Mlati, Kamis (8/6/2023) mengatakan menerapan ecoliteracy di SMK Dirgantara Putra Bangsa bertujuan meningkatkan pemahaman warga sekolah terhadp pentingnya lingkungan hidup.

“Menyadari bahwa manusia bagian dari sistem ekologis, maka mau tidak mau dalam mempertimbangkan perilaku harus didasarkan kepada alam,” katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Kamis.

Ekoliterasi, literasi ekologis, atau kecerdasan ekologis merupakan konsep nilai baru pendidikan yang sengaja diciptakan di SMK Dirgantara Putra Bangsa dengan membawa pesan tentang kesejahteraan Bumi, yakni dengan menerapkan keterampilan kognitif sinergi empati terhadap segala bentuk kehidupan.

Dalam komponen the head, harus dipahami prinsip ekologi berpikir kritis, memecahkan masalah secara kreatif dan menerapkan pengetahuan untuk situasi baru. Kemudian menilai dampak atau efek tindakan manusia dan menerapkan teknologi terhadap lingkungan.

Lalu memperhitungkan konsekuensi jangka panjang dalam pengambilan sebuah keputusan. Sedangkan the heart memberikan perhatian empati dan rasa hormat terhadap sesama dan makhluk hidup lainnya. Menghargai perbedaan latar belakang motivasi, niat dalam berinteraksi sesuai dengan perspektif saling menghargai terhadap nilai kerja sama.

Untuk komponen The hands dengan membuat dan menggunakan alat-alat benda dan produser yang dibutuhkan masyarakat yang berkelanjutan. Ini untuk menerapkan tindakan praktis dan efektif terkait pemahaman keseimbangan ekologis. Ini sekaligus menilai dan memanfaatkan energi dan sumber daya sesuai kegunaannya. “Sedangkan the spirit, semua harus menghormati Bumi dan makhluk hidup sekaligus merasakan ikatan yang kuat dan apresiasi yang dalam terhadap alam,” ujarnya.

Memasuki PPDB 2023, SMK Dipaba membuka pendaftaran bagi lulusan SMP/Mts. Pendaftaran online dilayani melalui laman dirgantara.sch.id/daftar/ atau datang langsung ke kampus. (BC)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement