Advertisement

Sudah Rukun, PSHT dan Brajamusti Kerja Bakti Bareng Polda DIY Bersihkan Tamsis Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Sudah Rukun, PSHT dan Brajamusti Kerja Bakti Bareng Polda DIY Bersihkan Tamsis Jogja Kerja bakti area Tamansisiwa dari sisa-siswa tawuran beberapa waktu lalu yang diinisasi Polda DIY, Jumat (9/6 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Jogja dan Brajamusti yang terlibat tawuran di Jalan Taman Siswa (Tamsis) Jogja,Minggu (4/6/2023) sore hingga malam, hari ini rukun dan bekerja bakti menata kembali area tawuran. Kerja bakti dilakukan bersama Polda DIY dan TNI.

Selain bagian dari komitmen perdamaian dua kelompok yang bertikai, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-77. “Tamansiswa ini situs bersejarah bagi Jogja dan Indonesia, bagian dari simbol persatuan sehingga ini juga sesuai dengan komitmen kemarin,” kata Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Jumat, Jumat (9/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Waspadalah, Pelaku Ganjal ATM Merajalela di Jogja, di Taman Pintar Korban Rugi Rp30 Juta

Suwondo menegaskan bahwa permasalahan tempo hari (tawuran) sudah diselesaikan dengan baik sehingga harus menatap kedepan dengan baik. “Masa lalu bentrokan kemarin jangan dibicarakan lagi, sekarang masa depan," katanya.

Ketua PSHT Jogja Sutopo Basuki dalam kegiatan tersebut menegaskan agar warga PSHT luar wilayah untuk turut menjaga komitmen perdamaian yang sudah disepakati bersama. “Kami di Jogja sudah aman, komitmen jaga keamanan dan perdamaian, sehingga kami minta yang dari luar daerah turut mendukung dengan tidak ke Jogja sementara waktu,” ujarnya.

Sutopo juga menjamin akan terus berkoordinasi dengan Polda DIY untuk menjaga keamanan wilayah. “Dengan difasilitasinya kami dalam kegiatan ini kami juga berterima kasih dan akan memenuhi komitmen perdamaian yang sudah disepakati, ke depan koordinasi akan kami tingkatkan agar insiden serupa tak terulang lagi,” ucapnya.

Terima Kasih

Pengurus Majelis Umum Persatuan Tamansiswa Haryanto mengapresiasi gotong-royong dalam kegiatan tersebut. “Kami berterima kasih atas kerja bakti ini, kedepan kami harap insiden serupa tak terulangi. Prinsip persatuan juga selalu kami kedepankan dalam menghadapi masalah,” katanya.

Kerusakan yang ditimbulkan dari tawuran kemarin, jelas Hariyanto, diharapkan jadi pembelajaran bersama akan pentingnya menjaga situs bersejarah dan cagar budaya. “Agar semakin mawas diri, bahwa insiden kekerasan seperti itu tak patut lagi dilakukan dan jadi tanggung jawab bersama menjaga situs sejarah dan cagar budaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement