Advertisement

BKAD Kulonprogo Jemput Bola Pembayaran PBB-P2

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 11 Juni 2023 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BKAD Kulonprogo Jemput Bola Pembayaran PBB-P2 Pajak ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Kulonprogo turun langsung ke lapangan dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran dan Penetapan Pajak Daerah BKAD Kulonprogo, Chris Agung Pramudi mengatakan sampai tanggal 28 Juni 2023 terdapat dua belas wilayah yang menjadi sasaran jemput bola antara lain Kalurahan Tanjungharjo, Temon Wetan, Cerme, Wahyuharjo, Karangsewu, dan Kapanewon Kokap.

Advertisement

“Lalu ada juga Kalurahan Tawangsari, Banjarasri, Garongan, Banjaroya, Palihan, dan Gerbosari. Baru satu yang sudah kami sambangi yaitu Tanjungharjo, 8 Juni kemarin,” kata Chris dihubungi pada Sabtu (10/6/2023).

Dari kunjungan di Kalurahan Tanjungharjo, BKAD membawa 120 SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang). Dari 120 tersebut, BKAD mendapat total pembayaran Rp10 juta.

Baca juga: Curah Hujan di DIY Bakal Berkurang dalam Waktu Lama, BMKG Keluarkan Peringatan Kekeringan

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk memudahkan Wajib Pajak dalam melaksanakan pembayaran PBB,” katanya.

Dari upaya yang dilakukan BKAD tersebut, Chris berharap kesadaran masyarakat untuk membayar PBB dapat lebih meningkat. Dengan begitu pembayaran pajak dapat selesai sebelum jatuh tempo.

Lebih jauh, sampai saat ini sudah ada enam kalurahan yang melunasi PBB-P2 100% yaitu Banjarasri, Ngentakrejo, Kranggan, Gulurejo, Kebonharjo, Banjarharjo. Dari enam kalurahan tersebut, realisasi pembayaran PBB-P2 mencapai total Rp1,2 miliar.

“Sampai Juni ini yang lunas 100% baru enam kalurahan. Kalau tahun lalu, pada bulan yang sama hanya ada lima kalurahan yan lunas. Dari enam tersebut sekitar Rp1,2 miliar sudah masuk. Kalau total keseluruhan kami sudah mendapat sekitar Rp11,112 miliar,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement