Advertisement

Status Endemi Covid-19, Dinkes DIY: Vasinasi Tetap Harus Lengkap

Yosef Leon
Rabu, 14 Juni 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Status Endemi Covid-19, Dinkes DIY: Vasinasi Tetap Harus Lengkap Ilustrasi Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menyebut vaksinasi lengkap untuk masyarakat wajib dilengkapi meski status Covid-19 dimungkinkan berubah menjadi endemi. Pemerintah Pusat bakal segera mengumumkan status pandemi Covid-19 menjadi endemi lantaran jumlah kasus yang terus melandai.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes DIY, Setyarini Hestu Lestari mengatakan cakupan vaksinasi di masyarakat harus dilengkapi meskipun pemerintah nantinya mengumumkan bahwa status Pandemi Covid-19 berubah menjadi endemi. Masyarakat diminta untuk tetap melengkapi vaksin dari dosis pertama, kedua, booster pertama dan kedua. "Vaksinasi Covid-19 harus tetap dilengkapi sampai booster kedua," katanya saat ditemui, Rabu (14/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Dianggap Meresahkan Wisatawan, Para Pengamen di Malioboro Bakal Ditertibkan

Rini juga meminta masyarakat yang bergejala Covid-19 untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Selain itu, warga yang sakit harus tetap memakai masker dan melakukan isolasi mandiri 10 sampai 14 hari agar tidak menjadi sumber penularan.

Hingga saat ini, angka kasus Covid-19 di DIY terus menurun. Namun ia menyangsikan apakah angka tersebut benar-benar turun atau masyarakat yang sudah enggan untuk memeriksakan diri. "Kasusnya fluktuatif, naik turun tetapi terlihat ada penurunan. Meski demikian, penurunan itu mestinya harus tetap diwaspadai apakah benar-benar turun atau masyarakat yang enggan diperiksa," katanya.

Setelah berganti status menjadi endemi, Rini mengatakan pendataan selanjutnya akan berada di rumah sakit (RS). Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat agar segera periksa jika merasakan gejala. "Kalau yang merasa ada gejala waktu endemi, maka kami mencari kasusnya dari rumah sakit. Nanti positif Covid-19 hasil dari rumah sakit diinformasikan dari rumah sakit ke kabupaten/kota maupun ke wilayah asal pasien. Nanti teman-teman di wilayah akan menggelar penelusuran kontak di wilayah setempat," katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kaesang Ketua Umum Partai Termuda, Megawati Tertua

News
| Rabu, 27 September 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement