Advertisement

Tak Ingin Kecolongan Rabies, Pemkot Beri Vaksin Rabies 2.500 Hewan

Triyo Handoko
Rabu, 21 Juni 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Tak Ingin Kecolongan Rabies, Pemkot Beri Vaksin Rabies 2.500 Hewan Ilustrasi rabies. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja kembali mengadakan vaksinasi rabies gratis ke masyarakat dengan total kini sudah ada 2.500 hewan peliharaan yang divaksin. Vaksinasi ini untuk memastikan seluruh hewan di Jogja terlindungi dari virus rabies yang dapat menular dan menyerang saraf manusia.

Vaksinasi rabies diselenggarakan langsung oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja. Petugas vaksinasi terjun langsung ke kemantren-kemantren agar akses masyarakat lebih mudah mendapat vaksinasi rabies ini.

Advertisement

Kepala DPP Kota Jogja Suyana menegasakan sampai saat ini wilayahnya masih nihil kasus rabies. “Kasus gigitan anjing itu memang ada beberapa kali tahun ini, tetapi setelah kami cek masih nihil rabies,” katanya, Rabu (21/6/2023).

BACA JUGA: Waspada Rabies! Kenali Gejalanya pada Beberapa Hewan

Pengecekan DPP Kota Jogja terhadap anjing yang menggigit dilakukan di laboratorium Balai Besar Veteriner Wates. “Beberapa kami kami cek hasilnya nihil rabies, agar memastikan tak ada rabies kami juga adakan vaksinasi hewan masyarakat agar terhindar rabies juga,” terangnya.

Suayana menjelaskan vaksinasi rabies oleh dinasnya rutin dilakukan tiap tahun untuk mengantisipasi penyakit yang kerap menyerang anjing ini.

“Seadanya belum divaksin rabies kami minta agar masyarakat melakukan vaksinasi ada banyak puskesmas hewan yang sudah menyediakan vaksinasi ini, untuk keamanan kesehatan bersama,” ujarnya.

Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan, DPP Kota Jogja Sri Panggarti ada dua kasus gigitan anjing atau Hewan Penular Rabies (HPR) pada 2023 ini.

"Untuk kasus belum ada, kalau kasus gigitan HPR selama 2023 ada dua kasus, namun langsung tertangani. Anjingnya dilaporkan  ke DPP untuk dilakukan observasi/dikarantina selama 14 hari, apabila selama 14 hari kondisi sehat dan belum vaksinasi, maka diberikan vaksin rabies," jelas Panggarti.

Panggarti menghimbau masyarakat Jogja bila terkena gigitan anjing atau HPR lainnya dapat langsung menuju rumah sakit. “Jogja ada dua lokasi Rabies Center yaitu di RS Pratama dan Puskesmas Jetis. Selain itu, langkah awal yang bisa dilakukan oleh masyarakat jika terkena gigitan HPR, yang pertama luka  gigitan langsung dicuci dengan sabun dan air mengalir,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polda Jatim Tangkap dan Tetapkan Tersangka Pembuat Konten Asusila Berjudul Guru Tugas

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement