Advertisement

Dibangun Paling Akhir, Ini 4 Exit Toll Jogja Solo di Sepanjang Ringroad Utara Sleman

Sunartono
Sabtu, 24 Juni 2023 - 15:00 WIB
Sunartono
Dibangun Paling Akhir, Ini 4 Exit Toll Jogja Solo di Sepanjang Ringroad Utara Sleman Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Empat titik exit toll atau dikenal on ramp dan off ramp Tol Jogja Solo bakal dibangun di sepanjang Ringroad Utara Sleman. Meski demikian pembangunan tol ruas Maguwoharjo-Trihanggo ini akan dibangun paling akhir.

Tahap I sepanjang 49,25 Km yang saat ini sedang dalam proses konstruksi terdiri dari Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (42,37 km) ditambah sebagian dari Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 km) serta sebagian dari seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman (3,25 km). Kemudian dilanjutkan tahap II yaitu Seksi 3 Junction Sleman-Purworejo (38,57 km) atau dikenal dengan tol Jogja-YIA. Baru kemudian terakhir atau tahap III yaitu Seksi 2 Maguwoharjo-Trihanggo (8,75 km).

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo Bakal Melewati

Ruas Maguwoharjo-Trihanggo atau disebut tol dalam kota ini akan dibangun terakhir. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk jalan tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk via Jalan Tol Jogja-Bawen. Ruas Maguwoharjo-Trihanggo ini nantinya akan ada empat on ramp dan off ramp terdiri atas on of Maguwoharjo, on off UPN, on off Monjali dan on off Trihanggo.

On Ramp merupakan akses untuk masuk ke jalan tol (baik ada gerbang  tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut). Sedangkan off ramp adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada gerbang tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Baik menggunakan sistem terbuka maupun sistem tertutup.

Berdasarkan peta trase yang diperoleh Harianjogja.com, setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Akses keluar masuk tol ini nantinya akan terkoneksi dengan ringroad dan jalan Nusa Indah.

Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Akses ini secara otomatis akan terkoneksi dengan ringroad serta kedua jalan tersebut. Jika tol sudah beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang lewat tol dan akan menuju ke Kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melewati jalur ini.

BACA JUGA : Ruas Tol Jogja Rute Maguwoharjo-Trihanggo Dibangun 

Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad. Akses ini selain terkoneksi langsung dengan road, juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on off ini berada di sebelah timur Junction Sleman yang merupakan titik persimpangan antara tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

Keempat on/off ramp ini dikenal dengan istilah tol dalam kota karena di Kawasan perkotaan Sleman dan Kota Jogja. Rencana pembangunannya menggunakan konstruksi melayang di atas ringroad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puing Reruntuhan Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Dilaporkan Tak Ada Tanda Kehidupan

News
| Senin, 20 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement