Advertisement

Hotel di Bantul Penuh saat Libur Iduladha, Ini Salah Satu Penyebabnya

Ujang Hasanudin
Jum'at, 30 Juni 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Hotel di Bantul Penuh saat Libur Iduladha, Ini Salah Satu Penyebabnya Little Tokyo (Litto). - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Okupansi atau tingkat hunian hotel di Bantul meningkat drastis sampai di angka 80% selama libur dan cuti Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah. Peningkatan okupansi ini karena hotel-hotel di Jogja penuh.

“Peningkatan okupansi cukup drastis mulai dari semalam langsung mencapai 80 persen. Padahal paginya masih 10 persen,” kata Manajer Housekeeping Ros In Bantul, Rony Dewanto, Jumat (30/6/2023).

Advertisement

Rony mengaku tidak tahu pasti peningkatan taam okupansi ini. Namun, dari keterangan sejumlah penginap mereka mengaku kehabisan kamar di wilayah Jogja sehingga diarahkan ke hotel di Bantul.

BACA JUGA: Mencicipi Tahu Baxo Spesial dari The Atrium Hotel and Resort

Dia memprediksi peningkatan okupansi hotel ini akan berlangsung sampai 2 Juli 2023 mendatang. Total ada 80 kamar yang ada di Hotel Ros In. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pihak Hotel Ros In kecuali mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pelayanan. “Kami melayani dengan layanan terbaik aja,” ujarnya.

Sementara itu sebagian besar tamu Hotel Ros In, diakui Rony menggunakan kendaraan pribadi dari luar kota. Namun, ada juga yang menggunakan kendaraan sewaan. “Sebagian besar menggunakan kendaraan pelat nomor luar kota,” katanya.

Adapun destinasi yang dituju sebagian masih area pantai baik pantai di Gunungkidul maupun pantai di Bantul.

Senada, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo. Dia mengatakan selama libur dan cuti lebaran Iduladha 2023 ini okupansi hotel di Bantul di angka 80-85%, termasuk di hotel dan restoran Little Tokyo (Litto) di Kapanewon Dlingo dari 18 kamar sudah terisi 80%. “Prediksi hotel ramai sampai tanggal 2 Juli mendatang,” katanya.

Sementara destinasi yang dituju para penginap hotel masih didominasi pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi dan sewaan. Selain itu Hendra juga melihat banyak kendaraan bus wisatawan yang hilir mudik di destiansi wisata di Dlingo dan Pantai Parangtritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement