Advertisement

Pantai Parangtritis Masih Jadi Favorit Wisatawan di Musim Libur Long Weekend

Ujang Hasanudin
Kamis, 01 Juni 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Pantai Parangtritis Masih Jadi Favorit Wisatawan di Musim Libur Long Weekend Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan. / dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul masih menjadi favorit wisatawan untuk menikmati liburan. Pada momen liburan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Pantai Parangtritis dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah.

Dalam setengah hari saja Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis mencatat ada 3.877 wisatawan mengunjungi Parangtritis dan sekitarnya. Jumlah tersebut baru tercatat mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Advertisement

“Jumlah ini dua kali lipat jika dibanding dengan hari biasa,” kata  Koordinator TPR Induk Parangtritis, Rokhmad Ridwanto, Kamis (1/6/2023).

BACA JUGA: Wisata Yogyakarta, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Punya Tebing yang Cantik

Rokhmad mengatakan untuk kunjungan hari biasa di Parangtritis kisaran 2.000-3.000 orang. Jumlah itu biasanya terhitung selama satu hari dari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Menurutnya momen libur Hari Lahir Pancasila ini terjadi peningkatan kunjungan wisatawan.

Kawasan Selatan

Sementara itu, Dinas Pariwisata Bantul memprediksi ada sekitar 40.000-45.000 wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Bantul selama long weekend atau libur panjang pekan ini, mulai dari tanggal 1-4 Juni 2023. Jumlah prediksi tersebut baru terhitung di destinasi yang dikelola Pemkab Bantul seperti di sepanjang pantai selatan, Goa Selarong, dan Goa Cerme.

Belum termasuk destinasi yang dikelola masyarakat seperti kawasan wisata di Mangunan dan sebagainya. Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan prediksi tersebut tidak meleset jauh dari jumlah kunjungan wisatawan setiap akhir pekan di angka 30.000-35.000an.

Sebagai contoh, akhir pekan lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul sebanyak 33.188 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) Rp321,4 juta. Menurutnya, long weekend ini tidak bisa disamakan dengan libur panjang lainnya seperti Lebaran Idulfitri, Natal dan Tahun Baru. 

BACA JUGA: Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Sebab libur panjang pekan ini sebagian besar masyarakat masih ada aktivitas sehingga tidak leluasa seperti libur lainnya. “Misalnya PNS masih ada upacara Hari Lahir Pancasila di hari Kamis 1 Juni,” katanya, saat dihubungi Selasa (30/5/2023).

Selain itu mayoritas anak sekolah seperti SMP juga masih dalam suasana ujian kenaikan kelas sehingga mau berlibur juga belum leluasa. Pihaknya memprediksi kunjungan wisatawan pada long weekend ini akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, karena Kamisnya masih ada aktivitas, dan Jumat juga hari yang pendek karena umat Islam melaksanakan ibadah salat Jumat.

“Kamis dan Jumat kemungkinan ada kunjungan wisatawan tapi tidak terlalu banyak. Banyaknya kemungkinan di hari Sabtu dan Minggu. Diprediksi ada kenaikan sedikit jika dibanding weekend biasanya, dari yang biasanya 30.000-35.000 menjadi sekitar 40.000-45.000 ribuan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement