Advertisement

Jumlah Pendaftar 43 KK, Rusunawa Giripeni Kulonprogo Siap Dihuni

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 01 Juli 2023 - 20:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Jumlah Pendaftar 43 KK, Rusunawa Giripeni Kulonprogo Siap Dihuni Pejabat Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kulonprogo tinjau IPAL Rusunawa Triharjo belum lama ini. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Giripeni, Kapanewon Wates, Kulonprogo akan diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Pemkab Kulonprogo pada tahun ini.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Rumah Susun Sewa Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Daryana mengatakan bahwa rusunawa lima lantai tersebut memiliki kapasitas 98 unit hunian.

Advertisement

“Serah terima Rusunawa Giripeni itu menurut informasi dari DPUP-ESDM DIY akan diupayakan tahun 2023. Di sana juga masih perlu beberapa pembenahan. Padahal sudah ada juga yang mendaftar untuk menghuni rusunawa itu. Sampai saat ini sudah ada sekitar 43 KK yang tercatat,” kata Daryana dihubungi pada Sabtu (1/7/2023).

BACA JUGA: Butuh Rumah Murah di Jogja, Rusunawa Bener Mulai Disewakan. Fasilitas Lengkap

Dengan adanya Rusunawa Giripeni, maka Kulonprogo memiliki tiga rusunawa, dua di antaranya yaitu Rusunawa Triharjo berkapasitas 196 unit dan Tuksono berkapasitas 70 unit. DPUPKP Kulonprogo telah menempatkan masing-masing enam petugas kebersihan di tiga rusunawa tersebut dengan status pekerja harian lepas.

“Di Rusunawa Triharjo sudah terpakai 113 unit. Masih ada yang kosong, tapi kebanyakan di lantai lima. Kalau di Rusunawa Tuksono hanya kosong lima unit. Untuk pembayaran sewanya nanti penguhuni transfer langsung ke rekening daerah tiap bulan,” katanya.

Tarif sewa hunian rusunawa tersebut telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) 22/2016 tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa. Pasal 27 Perbup tersebut mengklasifikasikan tarif sewa sesuai tingkatan lantai rusunawa.

Daryana juga mengatakan anggaran perawatan dan pembangunan fasilitas pun telah dialokasikan melalui APBD 2023. Kata dia, tahun ini pihaknya mendapat alokasi Rp417 juta untuk pembuatan taman bermain di Rusunawa Tuksono dan IPAL serta pager di Rusunawa Triharjo.

“Taman bermain di Rusunawa Tuksono kami buat dengan anggaran sekitar Rp50 juta, lalu IPAL di Rusunawa Triharjo menyedot Rp200 juta dan pager juga sebesar Rp167 juta,” ucapnya.

Selain anggaran pembangunan fasilitas, terdapat juga anggaran perawatan sepanjang tahun 2023 yang mencapai Rp60 juta. Terang Daryana, ke depan, DPUPKP Kulonprogo melalui UPT Rumah Susun Sewa akan merehabilitasi IPAL di Rusunawa Triharjo menyusul kerusakan IPAL lain.

“Kami akan membangun pager lagi di Rusunawa Tuksono tahun depan bagian depan. Soalnya baru bagian belakang yang jadi melalui anggaran tahun lalu. Kalau di Rusunawa Triharjo akan kami lakukan rehab IPAL,” lanjutnya.

BACA JUGA: Baru Diusulkan ke Pusat, Pemkot Targetkan Pembangunan Rusunawa Bener Tower III Tahun Depan

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kulonprogo, Raden Langgeng Raharjo mengatakan bahwa Rusunawa Giripeni telah siap dihuni mengingat rusunawa tersebut juga pernah dipakai sebagai tempat isolasi terpadu ketika Pandemi Covid-19.

“Saat ini baru proses pengisian [fasilitas] dan menunggu serah terima aset dari Kementerian PUPR ke Pemda Kulonprogo,” kata Langgeng dihubungi pada Sabtu (1/7/2023).

Langgeng menambahkan peningkatan fasilitas di rusunawa lain juga terus dilakukan. Seperti yang disampaikan Daryana, dua rusunawa di Kulonprogo menjadi sasaran pembangunan IPAL dan taman bermain.

“Kalau yang IPAL di Rusunawa Triharjo itu utnuk mengoptimalkan kembali fungsi pengolahan air limbah yang ada. Pembuatan saluran drainase juga ada di Triharjo itu. Dengan begitu buangan limbah tidak akan mencemari sekitar, karena sudah diolah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement