Advertisement

Baru Diusulkan ke Pusat, Pemkot Targetkan Pembangunan Rusunawa Bener Tower III Tahun Depan

Yosef Leon
Minggu, 26 Februari 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Baru Diusulkan ke Pusat, Pemkot Targetkan Pembangunan Rusunawa Bener Tower III Tahun Depan Suasana Rusunawa MBR Bener, Tegalrejo, Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja mengaku sudah mengusulkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) Tower III di wilayah Bener, Tegalrejo.

Lokasi untuk pembangunan Tower III itu berada satu kompleks dengan rusunawa Tower I dan Tower II yang sekarang sudah dihuni. 

Advertisement

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyowacono mengaku sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Tower III itu. Lokasinya akan dibuat satu kompleks dengan rusunawa Tower I dan Tower II di Bener.

Proses pembangunan akan dimulai dari penyiapan dokumen detail engineering design (DED), kebutuhan anggaran, sampai pengerjaan pekerjaan fisik yang semuanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

"Kami sudah bersurat mengusulkan kepada kementerian berkaitan dengan pembangunan tower III. Nanti konsepnya sama seperti Tower I dan II, kami hanya menyiapkan lahan. Tetapi Tower III nanti lebih kecil karena keterbatasan lahan," ujarnya, Minggu (26/2/2033). 

BACA JUGA: Pemkot Jogja Segera Bangun Rusunawa Bener Tower 3, Segini Kapasitas Kamar yang Disiapkan

Hari menjelaskan, jumlah unit yang nantinya dibangun di Tower III dimungkinkan berbeda dengan Tower I dan Tower II.

Hal itu karena luas lahan lokasi untuk rusunawa tower III lebih kecil dibandingkan tower lainnya. Pun fasilitas pendukung yang ada di Tower III direncanakan menjadi satu dengan rusunawa Tower I dan Tower II.

“Makanya dari penyusunan DED, unitnya bisa dikurangi. Bisa juga fasilitas-fasilitas di tower I dan II yang sudah ada mungkin bisa menjadi satu fasilitas,” ucapnya. 

Menurut Hari, sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut soal usulan pembangunan Tower III yang diajukan ke Pusat itu. Ditargetkan pada 2024 mendatang pembangunan sudah bisa dimulai.

"Permohonan resmi sudah kami ajukan, tetapi kan yang menentukan persetujuan ada di Pusat. Harapan kami ya di tahun depan sudah dimulai proses pembangunan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemudahan Keimigrasian bagi Jemaah Calon Haji Segera Hadir di Solo dan Surabaya

News
| Rabu, 28 Februari 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement