Advertisement

Rusunawa Rp185.000 per Bulan Jadi Solusi Hunian Warga Miskin Jogja

Triyo Handoko
Rabu, 01 Februari 2023 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Rusunawa Rp185.000 per Bulan Jadi Solusi Hunian Warga Miskin Jogja Ilustrasi rusunawa. - Harian Jogja/dok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Real Estate Indonesia (REI) DIY menyebut rumah susun sederhana sewa atau rusunawa menjadi solusi hunian bagi warga miskin Jogja. Rusunawa seharga Rp185.000 per bulan bisa ditempati oleh masyarakat dengan penghasilan rendah.

Dengan garis kemiskinan DIY Rp551.000 per orang dengan satu keluarga rata-rata ada empat orang, total garis kemiskinan per keluarga adalah Rp2.315.636. Jika pengeluaran pengeluaran tersebut dialokasikan sebanyak 8% untuk biaya hunian, angkanya sebesar Rp185.000. "Nilai sekecil itu, satu-satunya hunian yang memungkinkan hanya rusunawa, kalau untuk hak milik saya pikir sulit,” kata Ketua DPD REI DIY, Ilham Muhammad Nur, Rabu (1/2/2023).

Advertisement

Ilham menyoroti kantong kemiskinan DIY yang berada di Kota Jogja. Ketersedian lahan sudah menipis dan harga rumah melambung sehingga solusi hunian warga miskin adalah rusunawa. “Di kawasan kota sudah tidak ada lahan, kalaupun ada harganya sangat mahal, sehingga hanya rusunawa yang memungkinkan untuk dibangun,” kata dia.

BACA JUGA: SD Gendengan Sleman Minta Siswa Bawa Bekal Sendiri karena Satu Siswa Pusing Usai Terima Permen dari Orang Asing

Harga sewa rusunawa Rp185.000 perbulan, jelas Ilham, sulit diwujudkan tanpa subsidi dari pemerintah. "Kalau bagi pengembang rusunawa bukanlah proyek bisnis yang menguntungkan," ujarnya.

Subsidi rusunawa sebesar itu, lanjut Ilham, belum pernah diterapkan. “Selama ini skema itu belum ada. Skema swasta mendapatkan subsidi untuk pembangunan rusunawa itu enggak ada, yang ada skema pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, skema bantuan uang muka pembelian rumah dan sebagainya,” jelansya.

Ilham menyarankan pembangunan di tanah milik publik untuk menekan biaya produksi rusunawa. "Sangat mungkin dilakukan, dan akan sangat menekan biaya produksi sehingga harga sewanya bisa ditekan sangat rendah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement