Advertisement

Banyak Peminat, Job Fair Jadi Solusi Keterserapan Tenaga Kerja

Sunartono
Kamis, 06 Juli 2023 - 10:27 WIB
Sunartono
Banyak Peminat, Job Fair Jadi Solusi Keterserapan Tenaga Kerja Pelaksanaan UMY Career Fair 2023. - Istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minat masyarakat terutama dari kalangan fresh graduated sebagai pencari kerja terhadap pelaksanaan job fair sangat tinggi. Terbukti pelaksanaan UMY Career Fair 2023 pada Selasa (4/7/2023) dipenuhi pengunjung. Melalui job fair tersebut dapat mendorong peningkatan keterserpaan tenaga kerja.

Rektor UMY Profesor Gunawan Budiyanto menjelaskan kegiatan tersebut diikuti 26 perusahaan dan institusi dengan pendaftar sebanyak 762 peserta. UMY Career Fair 2023 hadir untuk menjaring para pencari kerja. Event tersebut memang mengutamakan alumni dan mahasiswa UMY sebagai peserta. Dari 762 peserta, 83% dari UMY dan 17% dari kampus sekitar UMY. Dengan rincian, 71% berstatus alumni dan 29% berstatus mahasiswa aktif.

Advertisement

BACA JUGA : Pencari Kerja! Ini 6 Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

“Acara ini diselenggarakan selama 2 hari dengan target 1.000 pengunjung. Ini hadir untuk mahasiswa dan alumni UMY yang berniat untuk mencari pekerjaan, melakukan program magang hingga melanjutkan studi lanjutnya,” kata Gunawan dalam rilisnya.

Kepala Divisi Career Development Center (CDC) UMY Puthut Ardianto mengatakan event tersebut bsia menjadi salah satu solusi terkait peningkatan keterserapan tenaga kerja. Karena para perusahaan yang ikut membuka lowongan memberikan kesempatan dengan formasi cukup banyak bagi para pencari kerja.

“Kolaborasi 26 perusahaan dan institusi yang hadir di UMY Career Fair 2023, akan menjadi langkah awal kolaborasi lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Istirul Widilastuti sepakat kehadiran job fair bisa menjadi solusi untuk peningkatan keterserapan tenaga kerja. Selain itu event tersebut dapat menjadi faktor pendukung penurunan angka pengangguran terutama di wilayah Bantul. Ia menargetkan selangkah demi selangkah, dapat menurunkan angka pengangguran.

BACA JUGA : Mahasiswa Magang Rentan Dieksploitasi, Beban Kerja Tinggi 

“Acara ini juga merupakan wujud sinergitas kita semua dalam pengimplementasian visi misi Kabupaten Bantul yang mengutamakan keterserapan tenaga kerja. Harapnnta dapat menjadi pemicu bagi para pencari kerja untuk mendapatkan kerja. Mereka bisa memanfaatkan momentum ini untuk dapat memperoleh pekerjaan dan mencapai cita-cita,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Zulhas Berterima Kasih Kepada Prabowo karena Kursi PAN di DPR Bertambah

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement