Advertisement

32 Tahun Unisa Terus Berkarya untuk Bangsa

Media Digital
Senin, 10 Juli 2023 - 23:17 WIB
Maya Herawati
32 Tahun Unisa Terus Berkarya untuk Bangsa Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menyampaikan sambutan dalam Sidang Senat Terbuka Milad ke 32 Unisa, Senin (10/7/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN–Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) genap berusia 32 tahun pada 10 Juli 2023. Mengangkat tema Karya Utama Cerahkan Bangsa, Unisa berkomitmen terus berkarya dan berkontribusi dalam kehidupan masyarakat.

Rektor Unisa, Warsiti, menjelaskan kata Karya dalam tema tersebut setiap hurufnya memiliki makna masing-masing yang menjadi semangat Unisa, yakni Kualitas pendidikan, Akses dan inklusi, Riset dan inovasi, Young Leaders, Advokasi dan pelayanan masyarakat.

Advertisement

"Milad ke 32 untuk meneguhkan gerak kemajuan dengan terus bertransformasi karena perubahan lingkungan organisasi yang cepat memerlukan adaptasi dan perubahan," ujarnya dalam Sidang Senat Terbuka Milad ke 32 Unisa, Senin (10/7/2023).

Berdasarkan rencana induk pengembangan Unisa, tahun ini Unisa memasuki Unisa Berkembang Tahap 1, yang berlangsung selama 2021-2025. Ini merupakan fase kedua setelah pada 2016-2020 Unisa berada dalam fase Unisa Tumbuh.

Masih ada dua fase lagi dalam rencana induk pengembangan Unisa, yakni Unisa Berkembang Tahap 2 pada 2026-2030 dan Unisa Unggul pada 2031-2035. "Saat ini kami tengah dalam upaya pemantapan daya saing nasional dan penguatan daya saing internasional," katanya.

Saat ini Unisa mengelola 20 program studi (prodi) yang terbagi dalam Fakultas Ilmu Kesehatan 12 prodi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora lima prodi serta Fakultas Sains dan Teknologi tiga prodi. "Fokus utama Unisa adalah meningkatkan kualitas penyelenggaraan prodi untuk menghasilkan lulusan yang mahir, unggul dan berdaya saing," katanya.

Mewakili Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini menyampaikan apresiasi tinggi kepada Unisa yang berada di bawah langsung PP 'Aisyiyah yang usianya sudah 32 tahun dan telah menunjukkan keberhasilannya yang luar biasa.

BACA JUGA: Fantastis, Pengemis di Malioboro Sepekan Bisa Dapat Rp27 Juta

"Unisa telah memberikan gambaran atau menjadi saksi perjuangan 'Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah sejak 1917 sampai saat ini lebih dari satu abad untuk berkontribusi dalam kehidupan keumatan dan kebangsaan," katanya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengucapkan selamat atas milad dan segala capaian Unisa, yang menjadi jejak kebaikan dan amal kemajuan dari Unisa untuk persyarikatan, umat dan bangsa. Ia juga mendoakan agar apa yang dicita-citakan Unisa terwujud.

"Terwujudnya Fakultas Kedokteran yang sudah diproses, saya yakin kualitasnya sudah unggul. Mudah-mudahan bisa terwujud sebagaimana harapan usaha dan ikhtiar Unisa yang sungguh-sungguh," ungkapnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah V, Aris Junaidi, mengatakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terus digalakkan menunjukkan komitmen Unisa dalam memberikan kesempatan belajar yang luas dan relevan kepada para mahasiswa.

"Kemendikbud Ristek terus mendorong dalam satu tahun terakhir agar Unisa bisa menjadi Kampus Merdeka Mandiri. Unisa terus melahirkan lulusan yang memiliki keunggulan akademik dan moral yang tinggi," katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement