Advertisement

Viral Kabar Penemuan Mayat LC Tanpa Busana di TPR Samas, Polisi: Hoaks!

Hadid Husaini
Selasa, 11 Juli 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Viral Kabar Penemuan Mayat LC Tanpa Busana di TPR Samas, Polisi: Hoaks! Ilustrasi hoaks / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Di Whatsapp beredar pesan tentang penemuan mayat wanita tanpa busana di Jalan Samas, Bantul. Terkait dengan hal itu, Polres Bantul menegaskan bahwa pesan tersebut merupakan kabar bohong.

Pesan tersebut bertuliskan tentang pekerjaan dan alamat lokasi penemuan. “Pemandu lagu karaoke, dibunuh dan mayatnya ditemukan di lor TPR Jl. Samas, Bantul.. monggo, barangkali ada yang kenal,” tulis pesan tersebut.

Advertisement

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffrey menyampaikan bahwa lokasi kejadian dalam kabar yang beredar tersebut bukan berada di wilayah Bantul. Dia mengonfirmasi bahwa memang video tersebut merupakan penemuan sesosok mayat wanita, tetap lokasinya bukan berada di wilayah Bantul. "Saya cek dari aparat yang ada di sana. Nihil kejadian. Setelah kami cek ternyata foto tersebut terjadi di kota lain dengan gambar yang serupa," ujar dia.

BACA JUGA: Cerita Puluhan Warga Termakan Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul Jogja

Pihaknya menyayangkan adanya penyebaran informasi tidak bertanggung jawab tersebut. Menurutnya penyebar informasi bisa dikenakan pasal penyalahgunaan penyebaran informasi  "Kami, jajaran Kepolisian khususnya Polres Bantul, sangat menyayangkan tindakan pengunggah pertama terkait video tersebut,” kata Jeffrey, Selasa (11/7/2023).

Hal tersebut disebutnya melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik UU ITE No 19/2016 tentang perubahan atas UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik. “Saat ini Polres Bantul sedang mendalami siapa penyebar berita bohong itu,” ujar Jeffry.

Dia tidak lupa mengingatkan pentingnya pemahaman masyarakat agar tidak mudah menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya. Hal tersebut menurutnya dapat menyebabkan keresahan di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement