Advertisement

Cerita Puluhan Warga Termakan Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul Jogja

Triyo Handoko
Senin, 15 Mei 2023 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
Cerita Puluhan Warga Termakan Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul Jogja Sri Hari Wulaningsih, 52, warga Wonosobo menunjukan hoaks pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul, Senin (15/5/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan warga luar Jogja mengerubungi Alun-alun Kidul untuk mengikuti pengobatan Ida Dayak, Senin (15/5/2023). Sayangnya informasi pengobatan tradisional tersebut ternyata hoaks.

Salah satu warga luar DIY yang termakan hoaks pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul (Alkid) adalah Sri Hari Wulaningsih, 52, warga Wonosobo. “Saya dapat info dari media sosial, ada di Facebook terus ke Whatsapp. Infonya pengobatan Ibu Ida Dayak di Alkid. Tahu info itu dari sebelum puasa, sudah ada tanggalnya di pamflet yang tersebar di media sosial. Katanya pengobatannya 15-22 Mei,” katanya, Senin siang.

Advertisement

Sri ingin mengobati adik suaminya yang lumpuh sejak belasan tahun lalu. “Sudah kami bawa ke rumah sakit, dokter, pengobatan alternatif, tidak sembuh-sembuh sehingga saya berharap sama Ibu Ida Dayak ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Puskesmas Depok 1 Sleman Ditembaki Satpam, Motifnya Sakit Hati Dipecat

Datang dari Wonosobo sejak Minggu malam, Sri sudah menunggu di Alun-alun Kidul sejak Senin pagi. “Kalau enggak bisa diobati beliau, duh saya bingung sudah jauh-jauh dari Wonosobo ada lima orang naik mobil ini. Berharap sekali bisa diobati karena dokter dan rumah sakit udah enggak bisa nyembuhin,” jelasnya.

Sri tak sendirian, Suprapto, 48, warga Pekalongan juga akan menunggu Ida Dayak hingga Senin malam ini. "Ini baru sampai Alkid, saya kira udah rame sampe antri ternyata belum ada Ida Dayaknya. Bingung juga ini udah bawa anak saya juga yang sakit lumpuh, nanti saya tunggu sampai malam paling,” katanya, Senin siang.

Suprapto mendapat info pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul pada Senin ini dari Youtube. “Dikasih lihat Youtube sama teman katanya sekarang ini pengobatannya. Ternyata belum ada, saya jadi bingung ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemuda Gunungkidul Tewas Tertembak Senapan Polisi Saat Dangdutan, Ini Kronologinya

Kapolsek Kraton Kompol Theresia DA mengatakan kabar pengobatan Ida Dayak di Alun-Alun Kidul Jogja adalah tidak benar atau hoaks. "Terkait dengan pengobatan Ibu Ida Dayak di Alun-alun Selatan, kami pastikan berita itu adalah berita bohong atau atauhoaks. Tidak ada pengobatan dari Ibu Ida Dayak dari tanggal 15 sampai 22 [Mei 2023] di Alun-alun Selatan," kata Kapolsek Kraton, Senin (15/5/2023).

"Jadi kami mohon kepada bapak ibu, untuk bersedia kembali ke kediamannya masing-masing. supaya tempat ini bisa digunakan untuk keperluan lain. Terima kasih banyak dan mohon maaf. Selamat pagi.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement