Advertisement

Satpol PP DIY Mendorong Penguatan Jaga Warga, Koeswanto Mendukung Penuh

Media Digital
Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Satpol PP DIY Mendorong Penguatan Jaga Warga, Koeswanto Mendukung Penuh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa; Anggota Komisi D DPRD DIY, Koeswanto; dan Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Satpol PP DIY, Edhy Hartana dalam jagongan jaga Warga, di Kalurahan AMbarketawang, Jumat (14/7/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANSatpol PP DIY terus mendorong penguatan Jaga Warga sebagai bentuk keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum. Salah satunya dilakukan dengan Jagongan Jaga Warga dan penyerahan HT di Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, Sleman, Jumat (14/7/2023).

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Satpol PP DIY, Edhy Hartana, menjelaskan di Sleman belum semua wilayah terbentuk Jaga Warga. “Jaga Warga adalah upaya untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kesejahteraan serta meningkatkan nilai luhur masyarakat,” katanya.

Advertisement

Jaga Warga terdiri dari unsur masyarakat berbasis padukuhan atau dusun. Jaga Warga terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh keagamaan, unsur pemuda dan unsur perempuan, untuk mewakili dan mengakomodir kebutuhan masing-masing unsur tersebut.

“Di masa Covid-19, Jaga Warga terlibat dalam penyediaan tempat isolasi, pemakaman, vaksin dan lainnya. Di waktu puasa saat marak kenakalan anak jalanan, kami bekerja sama dengan Jaga Warga melaksanakan patroli di malam hari, jam 21.00, jam 01.00 dan jam 04.00,” ujarnya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menuturkan kelompok jaga warga memberikan peran penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban warga. Terlebih lagi jelang tahun pemilu 2024, kehadiran jaga warga diharapkan dapat meminimalkan gesekan politik yang dapat terjadi kapan saja. 

BACA JUGA: Hasil Survei, PDIP Paling Unggul dalam Elektabilitas Parpol

Sebagai mitra pemerintah, jaga warga diharapkan Danang dapat membantu memecahkan permasalahan di wilayahnya secara mandiri. “Diharapkan permasalahan sosial dan ekonomi di wilayahnya dapat diselesaikan secara mandiri,” katanya.

Hingga saat ini jumlah kelompok Jaga Warga yang terbentuk di Sleman sebanyak 789 dari 1.212 padukuhan. Sesuai dengan target amanat Gubernur DIY, pembentukan jaga warga akan dipercepat, sehingga sudah dapat terpenuhi pada 2024.

Dalam kesempatan ini Danang sekaligus menyerahkan Handy Talkie (HT) yang diperuntukan kepada perwakilan Jaga Warga dari sembilan Kapanewon. Penyerahan HT menjadi salah satu wujud dukungan dalam pelaksanaan jaga warga. Di samping itu, pemberian HT diharapkan dapat mempercepat koordinasi di antara anggota. Acara ini dibiayai dana keistimewaan (danais).

Sedangkan, anggota Komisi D DPRD DIY, Koeswanto, turut memberikan dukungan terhadap upaya pengukuhan jaga warga. Menurutnya, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan kegiatan ronda untuk berkoordinasi.

Melalui cara tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi untuk menjaga keamanan warga. Selain itu, ia pun berharap jaga warga sekaligus dapat mempererat kerukunan warga di lingkungannya. “Semoga jaga warga pun dapat meningkatkan kerukunan warga. Seperti ketika ada warga baru yang hadir, silakan untuk diajak berkoordinasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement