Advertisement

88 Kantor Layanan Lazismu DIY Diaudit, Jumlah Dana Capai Rp40 Miliar

Sunartono
Selasa, 18 Juli 2023 - 00:57 WIB
Sunartono
88 Kantor Layanan Lazismu DIY Diaudit, Jumlah Dana Capai Rp40 Miliar Wakil Ketua PWM DIY Cahyono (kedua dari kanan) saat membuka pelaksanaan audit Lazismu di Kantor PWM DIY, Senin (17/7/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) melakukan audit terhadap 88 kantor layanan seluruh DIY dengan total dana sebesar Rp40 miliar. Pelaksanaan audit akan dilakukan selama sepekan dan dimulai pembukaannya di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Senin (17/7/2023).

Wakil Ketua PWM DIY Cahyono menjelaskan jumlah kantor layanan yang mengikuti audit sebanyak 88 di wilayah DIY mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 66 kantor. Begitu juga dengan jumlah dana turut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, saat ini Rp40 miliar, sebelumnya hanya Rp35 miliar. Hal ini seiring dengan kepercayaan masyarakat dalam menitipkan dananya ke Lazismu untuk disalurkan kepada masyarakat membutuhkan.

Advertisement

BACA JUGA : 31 Mahasiswa FAI UMY Peroleh Beasiswa Sang Surya

“Kami berharap dengan audit ini semua kantor layanan Lazismu di DIY bisa meningkatkan kualitas kinerja kepercayaan diri nanti jika mendapatkan WTP kelima kali agar semua percaya diri dalam membantu masyarakat dalam mengelola zakat infak sedekah,” katanya, Senin (17/7/2023).

Ketua Lazimu DIY Jefree Fahana menambahkan dari 88 kantor layanan itu tersebar di DIY berada di Sleman 22 kantor layanan, Kulonprogo 6 kantor, Bantul 28 kanto, Gununkidul 4 kantor dan Kota Jogja 17 kantor layanan. Ia mengakui belum semua kantor layanan dapat mengikuti audit karena sebenarnya jumlah kantor layanan di DIY sebanyak 160 kantor dan baru terlihat 88 kantor.

“Meski pun belum terlibat semuanya harapan kami ke depan dari 160 kantor layanan ini bisa terlibat. Kendalanya karakteristik DIY berbeda dengan daerah lain. Selain itu kendala lain tidak semua kantor layanan yang memiliki kayawan dengan memiliki kemampuan dasar akuntansi,” ujarnya.

BACA JUGA : Ke Mana Miliaran Uang Zakat Umat di DIY Mengalir?

Adapun potensi ZIS di lingkungan Muhammadiyah DIY bisa menembus angka Rp200 miliar. Oleh karena itu ia akan mengupayakan terus terjadi peningkatan jumlah dana yang dihimpun, mengingat saat ini hanya Rp40 miliar. “Kami akan mengupayakan agar ke depan terjadi peningkatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement