Advertisement

TPA Piyungan Tutup, Pemkot Jogja Siapkan Penampungan Sampah Sementara

Triyo Handoko
Minggu, 23 Juli 2023 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
TPA Piyungan Tutup, Pemkot Jogja Siapkan Penampungan Sampah Sementara Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja tengah menyiapkan lokasi penampungan sampah sementara buntut penutupan TPA Piyungan, Minggu (23/7/2023). Saat ini Pemkot Jogja tengan mencari lokasi penampungan sampah yang rencananya difungsikan sementara tersebut.

Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo menyebutkan pencarian lokasi penampungan sampah sementara ini bagian dari menyikapi penutupan TPA Piyungan hingga 5 September mendatang yang diumumkan secara mendadak oleh Pemda DIY. “Pemkot bergerak cepat melakukan mitigasi persoalan ini dengan baik, masyarakat diimbau jangan panik,” katanya, Minggu siang.

Advertisement

Singgih menjelaskan dalam penyiapan penampungan sampah sementara ini juga dilakukan dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak. “Meskipun mendadak akan ada pertimbangan jangka menengah dan panjangnya juga, sehingga kami koordinasi dengan berbagai pihak” ujarnya.

Penutupan TPA Piyungan selama 45 hari, jelas Singgih, berdampak serius ke Kota Jogja. “Untuk memitigasi dampak serius itu kami gerak cepat, jika tidak ditanggapi dengan cepat dampaknya akan besar lagi,” ucapnya.

Baca juga: 5 Spot Kantin Kampus Enak nan Halal di Jogja

Penjajakan lokasi penampungan sampah sementara itu, lanjut Singgih, sudah mulai penjajakan ke berbagai pihak. “Dari kemarin melakukan penjajakan, hari ini juga. Jadi kami imbau masyarakat tetap tenang, sambil terus menggiatkan gerakan zero sampah anorganik,” jelasnya.

Penjajakan lokasi penampungan sampah sementara itu, sambung Singgih, masih dirahasiakannya. “Belum dapat diinfokan lokasi detailnya, yang jelas selama TPA Piyungan tutup akan kami pastikan layanan sampah terkendali di wilayah,” terangnya.

Lokasi penampungan sampah sementara, menurut Singgih, ada kemungkinan di luar Kota Jogja mengingat kepadatan penduduk dan lalu-lintas yang tinggi. “Lokasinya diharapkan mampu menampung sampah sementara hingga batas TPA Piyungan ditutup,” katanya.

Kemungkinan lokasi penampungan sampah sementara ini, bagi Singgih, lebih dari satu titik lokasi. “Pertimbangan lainnya juga soal lingkungan jangan sampah mencemari juga, aspek-aspek itu juga diperhatikan,” tegasnya

Selagi Pemkot Jogja menyiapkan lokasi penampungan sampah sementara, Singgih meminta masyarakat Jogja turut ambil peran dengan mengurangi sampah dan melakukan pemilahan sampah seperti dalam gerakan zero sampah anorganik. “Masyarakat juga harus mulai gerak juga, ini tantangan bersama mari lebih giat melakukan pemilahan sampah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPR Bantah Pembahasan Revisi UU MK Digelar secara Rahasia

News
| Senin, 20 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement