Advertisement

Buku UMY SDGs Report Diluncurkan untuk Pemerataan Kesejahteraan

Sunartono
Senin, 24 Juli 2023 - 23:47 WIB
Sunartono
Buku UMY SDGs Report Diluncurkan untuk Pemerataan Kesejahteraan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan buku laporan UMY SDGs Report di Ruang Sida /Istimewa.ng Utama Gedung AR UMY pada Senin (24/7 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan buku laporan UMY SDGs Report di Ruang Sidang Utama Gedung AR UMY pada Senin (24/7/2023). Buku ini merangkum berbagai capain kampus dalam mewujudkan SDGs selama 2022.

Rektor UMY Profesor Gunawan Budiyanto mengatakan peluncuran buku laporan ini dilatarbelakangi oleh keinginan UMY untuk mendukung ketercapaian SDGs oleh pemerintah Indonesia yang sudah dicanangkan oleh PBB hingga tahun 2030 mendatang. Adapun berbagai program dukungan antara lain sustainability seperti Green Campus dan Kampus Bebas Asap Rokok, UMY telah memiliki ciri khas yang juga berdampak terhadap ketercapaian SDGs.

Advertisement

BACA JUGA : Bantul Dapat Hak Akses Data SDGs Desa Kemendes PDTT

Salah satu ciri dari perguruan tinggi yang berkualitas adalah jejaring internasional yang kuat. Jika melihat data dari lima tahun terakhir, terdapat satu pertanyaan besar bagi puluhan ribu perguruan tinggi di dunia. Bagaimana keterlibatan perguruan tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat dunia.

“Upaya mewujudkan SDGs juga sebagai langkah untuk mengurangi kesenjangan antara negara yang memiliki sumber daya alam dengan negara yang memiliki teknologi,” ucapnya.

Ia mengatakan pentingnya kesejahteraan masyarakat yang dapat berbanding lurus dengan pemanfaatan sumber daya alam suatu negara. Jika melihat situasi, Indonesia merupakan negara penghasil dan pengekspor nikel dengan jumlah besar yaitu 27% dari total di seluruh dunia.

“Dan melihat proyeksi nikel yang akan sangat bermanfaat di masa depan, kita tidak ingin hanya mengekspor nikel mentah dan dipaksa membeli barang jadi hasil pemanfaatan nikel dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK Faris Al-Fadhat berharap mahasiswa UMY dapat menjadi aktor perubahan yang dapat berkontribusi dalam penerapan SDGs. Harapannya mahasiswa UMY memiliki kesadaran terhadap sustainibilty seperti pelestarian alam dan lingkungan yang kami akomodir melalui program Kampus Sehat.

“Kedua, mahasiswa juga dapat mengabdi secara langsung dan menginisiasi keberlanjutan di masyarakat melalui program Young Sustainable Initiative,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Apresiasi Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23/2024

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement