Advertisement

TBY Pamerkan 50 Karya Terbaik Hasil Lomba Fotografi

Media Digital
Kamis, 27 Juli 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
TBY Pamerkan 50 Karya Terbaik Hasil Lomba Fotografi Sejumlah karya pilihan hasil dari lomba fotografi bertajuk Culture Exploration: Semarak Warna Seni Budaya oleh Taman Budaya Yogyakarta dipamerkan pada 26-30 Juli di Ruang Galeri, Rabu (26/7/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah karya pilihan hasil dari lomba fotografi bertajuk Culture Exploration: Semarak Warna Seni Budaya oleh Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dipamerkan pada 26-30 Juli di Ruang Galeri. Total ada 50 karya foto pilihan yang ditampilkan dengan rincian 10 foto pemenang dan 40 foto pilihan juri. 

Pameran foto ini menjadi gelaran perdana bagi TBY untuk mengeksplorasi seni foto yang juga menjadi bagian dari kekayaan kebudayaan. Lewat lomba dan pameran itu masyarakat diajak untuk melihat sejauh mana perkembangan kebudayaan dan seni yang ditampilkan di TBY untuk direkam dan dinikmati masyarakat luas.

Advertisement

Kepala TBY Purwiati menjelaskan, ajang ini sekaligus menjadi pemetaan dalam menyelenggarakan acara serupa ke depan yang lebih luas. Lewat acara ini seniman foto bisa difasilitasi untuk tampil dan menunjukkan karya terbaik mereka. Sebab, fotografi sebagai bagian dari perkembangan seni dan budaya harus pula mendapat ruang di TBY. 

BACA JUGA : Taman Budaya Yogyakarta Gelar Sarasehan untuk Perkuat Seni Karawitan

"Kami sudah menetapkan bahwa TBY adalah laboratorium seni dan budaya di Jogja, sehingga semua cabang seni dan budaya tradisional maupun modern harus mendapatkan ruang," kata Purwiati, Rabu (26/7/2023). 

Sebagai gelaran perdana, TBY mengharapkan adanya masukan dan kritik dari banyak pihak agar event serupa dapat semakin optimal ke depannya. Purwiati juga menambahkan bahwa keikutsertaan para peserta yang cukup antusias dalam acara ini menunjukkan bahwa seni fotografi cukup banyak peminatnya di Jogja begitu pula dengan karya yang dihasilkan.

"Pameran foto tahun ini berkaitan erat juga dengan kegiatan pasar kangen sehingga bisa jadi event yang saling membantu. Pameran juga dapat dihadiri oleh pengunjung pasar kangen dan kasih dampak yang positif," ucapnya. 

Sebanyak 50 foto yang dipamerkan itu merupakan karya terbaik dari para peserta yang mengikuti lomba. Foto yang dipajang merupakan hasil kegiatan seni dan budaya TBY pada rentang 2 Juni sampai 27 Juni 2023. Karya yang dipamerkan itu juga cukup beragam mulai dari penampilan pantomim, pameran seni dan lain sebagainya. 

Kurator lomba fotografi TBY Arsita Pinandita menjelaskan, agenda ini cukup bersejarah karena program pertama dari TBY untuk menggelar pameran spesifik soal foto. Pameran ini, kata dia juga tidak hanya fokus pada pameran saja melainkan juga ajang kompetisi lewat mengundang publik secara langsung untuk berpartisipasi. 

BACA JUGA : Gelar Pameran Harta Karun Seni Berusia Puluhan Tahun, Langkah TBY Menjadi Museum Seni Rupa

"Kami mengajak mereka untuk mengapresiasi segala macam peristiwa kebudayaan di TBY dengan foto," ujarnya. 

Arsita menyebut, antusiasme dan hasil karya yang masuk cukup membuat para kurator dan juri terkejut lantaran banyak sekali foto yang bagus dan karya terbaik. Dari sekian banyak foto yang masuk dipilih 10 karya foto terbaik ditambah dengan 40 karya pilihan untuk dipamerkan. Hasil karya peserta juga menangkap lanskap kebudayaan yang jauh lebih luas. 

"Kita ingin melihat posisi aktivitas kebudayaan di Jogja lewat karya foto. Lebih jauh lagi, kegiatan ini juga tidak hanya lomba dan pameran tapi juga sarasehan untuk memperluas pengetahuan soal foto sebagai arsip kebudayaan, foto sebagai perkembangan kebudayaan lewat AI dan coba kami tarik lebih luas bahwa aktivitas foto bisa berdampak apa terhadap kebudayaan ke depan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement