Advertisement

Disnakertrans DIY Dorong Generasi Milenial Mendukung Akselerasi Program Transmigrasi

Newswire
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 12:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Disnakertrans DIY Dorong Generasi Milenial Mendukung Akselerasi Program Transmigrasi Ilustrasi. - AntaraFoto/ Yusran Uccang

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY mengajak generasi milenial di provinsi itu ikut berpartisipasi mendukung program transmigrasi.

"Kami mendorong masyarakat, khususnya generasi milenial, ikut berpartisipasi juga dalam program transmigrasi," kata Kepala Bidang Pelindungan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans DIY Elly Supriyanti, Jumat (4/8/2023)

Advertisement

Elly menuturkan selama ini program transmigrasi masih diimplementasikan dengan berbagai kegiatan seperti mengolah lahan pertanian, berkebun, hingga berwirausaha.

BACA JUGA: Pemda DIY Bantah akan Mengirimkan 6.000 Warga Jogja ke Ibu Kota Nusantara

Menurut dia, hingga saat ini program transmigrasi masih bersifat konvensional tanpa ada upaya akselerasi mengembangkan kawasan dengan memberikan sentuhan teknologi.

"Kami berharap untuk program transmigrasi itu tidak terlalu konvensional. Kami ingin ada akselerasi untuk lebih cepat mengembangkan kawasan transmigrasi," ujarnya.

Karena itu, menurut Elly, dibutuhkan pula calon transmigran millenial sebagai kalangan yang lebih berkompeten dalam pemanfaatan piranti digital. "Dibutuhkan yang seperti itu, jadi tidak konvesional lagi. Sudah ada sentuhan-sentuhan teknologi sehingga bisa mengakselerasi," katanya.

Dia mengakui hingga saat ini jumlah alokasi transmigrasi reguler untuk DIY mengalami tren penurunan setiap tahun, meski berdasarkan data pendaftaran di kabupaten/kota pada tahun ini animo cukup besar mencapai 311 pendaftar.

Pada 2022 DIY memperoleh alokasi 51 Kepala Keluarga (KK) dan tahun ini turun menjadi 20 KK. Berdasarkan data Disnakertrans DIY selama 15 tahun terakhir sejak 2008 sampai 2022, DIY telah mengirimkan transmigran sebanyak 2.116 KK atau 6.823 jiwa ke berbagai wilayah di Sulawesi, Kalimantan, serta Sumatera.

"Alhamdulillah transmigran yang kami kirim sudah meningkat taraf hidupnya," ucap Elly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 12 minutes ago
Pentingnya Mencari Penghasilan Tambahan

Pentingnya Mencari Penghasilan Tambahan

Jogjapolitan | 32 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement