Advertisement

Mangrove Ditanam untuk Pengembangan Ekowisata di Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 21:27 WIB
Sunartono
Mangrove Ditanam untuk Pengembangan Ekowisata di Kulonprogo Foto ilustrasi senja di Kulonprogo. - Dok. Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulonprogo bersama Komunitas Wana Samudra bersama-sama melakukan penanaman mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta, Jangkaran, Temon, Kulonprogo pada Sabtu (12/8/2023). Penanaman tersebut bertujuan untuk mendukung pengembangan eco-edu wisata di Hutan Mangrove Wana Tirta.

Ketua Tim Projek Sosial PK-208 Wana Samudra, Puji Lestari, mengatakan bahwa penanaman mangrove tersebut disertai sosialisasi mengenai pengelolaan sampah.

Advertisement

“Dengan adanya sosialisasi pengelolaan sampah maka harapan kami akan ada kepekaan masyarakat untuk mengelola sampah. Jadi tidak hanya dibakar atau ditimbun soalnya di masa depan produksi sampah meningkat. Arah projek sosial ini adalah kami ingin hutan mangrove di sini jadi kawasan eco-edu wisata,” kata Puji ditemui di Hutan Mangrove Wana Tirta, Sabtu (12/8/2023).

BACA JUGA : Ekowisata DIY Berkembang Lewat Program Kalurahan Maritim

Puji menjelaskan Wana Samudra merupakan nama angkatan untuk peserta penerima beasiswa LPDP Persiapan Keberangkatan (PK)-208. Total peserta tersebut mencapai 284 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 150 orang di antaranya berkuliah di Jogja.

“Kami punya komitmen untuk mendampingi perjalanan Wana Tirta. Soalnya di sini ada permasalah mengenai lingkungan dan kami lihat ada potensi pariwisata juga di sini. Alhamdulilah ada 150 orang yang kuliah di Jogja,” katanya.

Penanaman mangrove yang telah dilakukan akan terus dipantau. Apabila terdapat mangrove yang mati maka Puji bersama teman-temannya akan mengganti dengan tanaman sejenis yang baru.

“Bibit mangrove yang kami tanam hari ini dari BPDAS Serayu Opak Progo [Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai] dan dari Pak Warsa [tokoh pelestarian mangrove],” ucapnya.

Kepala DLH Kulonprogo, Sumarsana, mengatakan kegiatan penanaman mangrove dan sosialisasi pengelolaan sampah menjadi upaya untuk mendorong eco-edu wisata di Hutan Mangrove Wana Tirta.

“Harapan kami untuk penanaman mangrove jangan sampai menanam saja. Kalau bisa Komunitas Wana Samudra PK-208 dapat melakukan monitoring dan evaluasi. Kalau ada yang mati ya diganti dengan jumlah yang sama,” kata Sumarsana ditemui di Pantai Pasir Mendit, Sabtu (12/8/2023).

Tokoh Pelestari Mangrove, Warsa, menginginkan agar Hutan Mangrove Wana Tirta tidak hanya menjadi destinasi wisata domestik namun eco-edu wisata, mencintai lingkungan dan mengembangkan hutan mangrove.

“Dari berbagai perguruan tinggi banyak yang datang ke sini. Kami harap kolaborasi DLH, DKP, Dispar, dapat memfasilitasi untuk sebuah ruangan guna belajar bersama. Saat ini kami belum punya ruangan untuk belajar,” kata Warsa ditemui di Pantai Pasir Mendit.

Dalam kegiatan penanaman mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta tersebut juga dihadiri Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, dan DKP DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Meletus, Warga di Empat Desa Dievakuasi

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement