Advertisement

Viral Sungai Winogo Kecil di Jalan Samas Menghijau, Ini Tanggapan DLH Bantul

Jumali
Senin, 14 Agustus 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Viral Sungai Winogo Kecil di Jalan Samas Menghijau, Ini Tanggapan DLH Bantul Kondisi Kali Winongo Kecil di Jalan Samas KM 19, Dusun Tempel, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Senin (14/8/2023) siang. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Viral di media sosial penampakan Kali Winongo Kecil tepatnya di Dusun Tempel, Sidomulyo, Bambanglipuro menghijau. Sungai yang berada di pinggir Jalan Samas Km 19, Bambanglipuro, Bantul itu dipenuhi dengan alga hijau dan sampah.

BACA JUGA: Duh, Kali Winongo Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Advertisement

Hal ini terlihat dari unggahan dari akun media sosial @merapi_uncover, Senin (14/8/2023).

"Kondisi sungai di Jl. Samas, Bambanglipuro, Bantul. Tampak berwarna hijau, ada yang tahu penyebabnya lur?," tulis akun tersebut.

Sementara berdasarkan pantauan dari Harianjogja.com, Senin (14/8/2023) siang, selain dipenuhi dengan alga hujau, kondisi sungai juga dipenuhi dengan sampah. Alga bercampur dengan sampah tersebut memanjang sekitar 1 kilometer.

"Sudah tiga minggu ini kondisi sungai di depan itu kotor dan belum dibersihkan. Saya juga kaget, ada fenomena seperti itu," kata Ade, 29, warga Dusun Tempel, Sidomulyo, Bambanglipuro.

"Aneh saja, tumben ada fenomena seperti itu," tambah Ade.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan, fenomena di Winongo Kecil terjadi karena air menggenang dan tidak mengalir. Selain itu, di genangan tidak banyak ikan, sehingga tanaman air (gulma sawah) tumbuh dengan subur.

"Gulma (lemna/mata ikan, kayu apu) tidak berbahaya dan bisa menjadi pakan ikan seperti nila, tawes, nilem. Air menggenang karena di bawah ada pekerjaan perbaikan saluran, ada penutupan gejlig," kata Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement