Advertisement

Duh, Sungai Winongo Jadi Lokasi Pembuangan Sampah

Triyo Handoko
Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Duh, Sungai Winongo Jadi Lokasi Pembuangan Sampah Suasana kerja bakti warga RW 06 Kampung Suryowijayan yang membersihkan sampah di Sungai Winongo, Minggu (6/8/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kondisi darurat sampah di Kota Jogja akibat pembatasan TPA Piyungan mengakibatkan beberapa sungai dijadikan tempat pembuangan. Salah satu sungai di Kota Jogja yang dijadikan pembuangan sampah tersebut adalah Sungai Winongo.

Salah satu warga Kampung Sosrowijayan yang berada di pinggiran Sungai Winongo, Zaeni Mansyur menyebut terdapat peningkatan volume sampah yang mengalir di sungai tersebut. “Volume sampahnya meningkat saat TPA Piyungan ramai ditutup itu, lalu banyak yang membuang ke Sungai Winongo ini,” katanya, Selasa (8/8/2023).

Advertisement

Zaeni menjelaskan lokasi pembuangan sampah ke Sungai Winongo yang banyak ia melihat berada di Jembatan Bugisan. “Sering lihat buang sampahnya di Jembatan Bugisan itu, sudah kayak apa aja buangnya dengan enteng ke Sungai Winongo ini,” jelasnya.

Pelaku pembuangan sampah ke Sungai Winongo, jelas Zaeni, tak diketahuinya dari mana. “Tidak tahu warga mana, mereka yang buang ini pake helm dan biasanya buang sampah di malam hari sambil lewat gitu aja,” terangnya.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Selidiki Dugaan Hotel Buang Sampah di Jalanan

Pembuangan sampah ke Sungai WInongo, lanjut Zaeni, sangat mengganggunya sebagai warga bantaran kali tersebut. “Tidak hanya saya, masyarakat sini juga sangat terganggu sekali. Namanya sampah siapa yang enggak terganggu,” tegasnya.

Bersama warga RW 06 Kampung Suryowijayan, Mantrijeron, Kota Jogja, Zeni sudah melakukan kerja bakti membersihkan Sungai Winongo dari sampah yang dibuang sembarangan itu. “Sudah kami bersihkan kemarin pas Minggu itu, dibantu pihak-pihak terkait juga ada TNI dan lainnya,” ujarnya.

Sampah di Sungai Winongo yang berhasil dibereskan warga RW 06 Kampung Suryowijayan, sambung Zaeni, terdapat belasan karung. “Karena DLH juga kewalahan dan tidak bisa mengangkutnya, maka kami bakar dan sebagian kami timbun,” katanya.

Agar pembuangan sampah di Sungai Winongo tak terulang lagi, menurut Zaeni, sudah dilakukan penjagaan di Jembatan Bugisan tersebut. “Tapi ya namanya dijaga tetap aja ada yang masih buang di situ, tapi tidak sebanyak sebelumnya. Kami juga sudah pasang himbauan larangan buang sampah ke sungai,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syahdu! Makan Malam Pemimpin Negara di World Water Forum Bali Diiringi Lantunan Sape

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement