Advertisement

Kepala BPIP Resmikan Pojok Taman Baca Pancasila di Bantaran Kali Code Jogja

Sunartono
Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:07 WIB
Sunartono
Kepala BPIP Resmikan Pojok Taman Baca Pancasila di Bantaran Kali Code Jogja Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi meresmikan Pojok Taman Baca Pancasila di Bantaran Sungai Code, Kota Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi meresmikan Pojok Taman Baca Pancasila di Bantaran Sungai Code, Kota Jogja, Selasa (29/8/2023). Keberadaan taman baca itu diharapkan dapat mendorong anak-anak gemar membaca dan menambah wawasan tentang pancasila.

Profesor Yudian Wahyudi  mengatakan, salah satu tugas BPIP adalah  menurunkan angka stunting dan mencegah stunting. Hal itu merupakan agenda yang ditugaskan oleh Megawati untuk menyelamatkan generasi, sebagai persiapan Indonesia emas. Ia berharap, pada saatnya nanti anak-anak di Bantaran Kali Code dapat  menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam memperingati Hari Ulang Tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : BPIP Bakal Dilibatkan dalam Perekrutan Karyawan BUMN

“Taman Baca ini akan menjadi sumber bacaan yang cukup, kemudian didukung gizi yang cukup dan dan peduli terhadap  kesehatan adalah beberapa upaya menurunkan angka stunting dan terlebih lagi mencegah terjadinya stunting. Tugas utama generasi sekarang adalah bersyukur dengan cara belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki salah satunya melalui sarana yaitu Pojok Taman atau Rumah Baca Pancasila,” kata Yudian dalam rilisnya.

Pendirian Pojok Taman Baca Pancasila itu merupakan kerja sama antara BPIP dan Yayasan Ghifari Jogja. Perwakilan Yayasan Ghifari Sigit Sugiyanto mengatakan ada dua amanah dari Pemerintah yang diemban dari kegiatan tersebut. Yaitu mencerdaskan anak bangsa dan kehidupan bangsa dengan peresmian taman baca.

“Selanjutnya mensejahteraan masyarakat yaitu menurunkan stunting, Yayasan ghifari akan berusaha maksimal untuk melaksanakan kedua amanah tersebut,” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Jogja Yunianto Dwisutono yang hadir pada acara kali ini berharap,  kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya bagi warga di Bantara Kali Code dalam meningkatkan minat baca anak-anak dan pencegahan stunting.

BACA JUGA : Megawati Usul KPK Dibubarkan, Ini Tanggapan Jokowi

Selain di Bantaran Code, Yudian juga melakukan kunjungan ke Fisipol UGM. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mensosialisasikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia melalui Wicara Pancasila dan pengamalan nilai- nilai sila-sila Pancasila dalam praktik hidup sehari hari.  Wicara Pancasila kali ini mengangkat tema Gotong Royong Membangun Masyarakat Berkeadilan, dengan Keynote  Speech Prof. Yudian Wahyudi.

pembicara yang di hadirkan pada forum kali ini antara lain; Profesor Suratman Guru Besar Fakultas Geografi UGM) yang menyampaikan paparnnya terkait upaya menciptakan keadilan  bagi kelompok rentan masyarakat miskin kota. Kalis Mardiasih seorang penulis buku dan influencer menyampaikan topik kesetaraan gender. Profesor. Phil. Sahiron menyampaikan topik moderasi beragama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hati-Hati! Penawaran Visa Haji Palsu Beredar di Media Sosial

News
| Sabtu, 27 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement