Advertisement

Punya Wahana Baru Kehidupan Bawah Laut, Taman Pintar Edukasikan Pentingnya Makan Ikan

Media Digital
Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Punya Wahana Baru Kehidupan Bawah Laut, Taman Pintar Edukasikan Pentingnya Makan Ikan Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo (tengah) didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Jogja Yetti Martanti (kiri) danPresiden Direktur PT. Citra Dimensi Arthali Eddy Surya(kanan) saat peresmian Zona Sea Life Taman Pintar, Kamis (31/8/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Taman Pintar Jogja meresmikan zona edukasi baru di objek wisatanya, yaitu Sea Life yang berada di Lantai 2 Gedung Kotak, Kamis (31/8/2023). Zona edukasi kehidupan bawah laut ini terdiri dari empat bagian yang mewakili ekosistem di dalamnya.

Zona Sea Life ini sudah pernah diujicobakan untuk dikunjungi wisatawan pada libur lebaran 2023. Pembangunan zona baru ini diharapkan melengkapi Taman Pintar yang sudah terkenal luas sebagai objek wisata edukasi di Indonesia.

Advertisement

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mendukung pengembangan dan penambahan konten edukasi tersebut. Bagi Singgih pengembangan jadi keniscayaan mengingat ilmu pengetahuan juga terus berkembang sehingga dibutuhkan penyesuaian alat peraga edukasi agar dapat mengikuti perkembangan tersebut.

Singgih menjelaskan tiap tahunnya Taman Pintar dikunjungi sejuta wisatawan dimana pelajar jadi kelompok pengunjung yang mendominasi. “Lewat penambahan zona bawah laut ini kami harap makin banyak yang mengunjungi Taman Pintar, pengunjung pun mendapat pengetahuan yang makin banyak juga karena Taman Pintar ini sudah dikenal luas sebagai wisata edukasi,” jelas dia saat peresmian, Kamis pagi.

Baca juga: 4 Penyakit Pernapasan Ini Bebani Pembiayaan Program JKN Rp17,86 Triliun

Lewat konten edukasi kehidupan bawah laut tersebut, Singgih juga berpesan agar turut dikampanyekan konsumsi ikan untuk mendukung program penanganan stunting. “Ikan ini jadi sumber gizi yang luar biasa, di DIY juga punya lautan yang kaya perikanan. Sehingga edukasi perikanan ini kami harap diorong juga untuk mengatasi stunting,” paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Jogja Yetti Martanti yang bertanggung jawab atas pengelolaan Taman Pintar menjelaskan pihaknya sudah merencanakan program edukasi konsumsi ikan dengan bekerjasama dengan pihak swasta. “Kerja sama ini berlangsung selama dua tahun bersama PT Citra Dimensi Arthali, lewat program ini akan memperkaya edukasi di zona Sea Life,” ujarnya.

Yetti menjelaskan alat peraga di zona bawah laut ini cukup lengkap dan modern dimana terdapat panel interaktif, layar edukasi, dan pemandu yang sudah dilatih. “Zona ini ada empat bagian yaitu Trenches, Midnight Zone, Twilight Zone, dan Sunlight Zone. Secara mendalam pengunjung akan dibawa dalam alur kedalaman laut mempelajari tiap kondisi dan ekosistemnya,” terangnya.

Sementara Presiden Direktur PT Citra Dimensi Arthali Eddy Surya mengapresiasi kerja sama tersebut dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan edukasi dan kampanye konsumsi ikan. “Kami sangat berterima kasih karena dapat turut berpartisipasi dalam kerja sama ini, konten edukasi akan kami jamin berkualitas dan mendukung Taman Pintar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Halmahera Erupsi, Lontarkan Abu Ketinggian 2 Kilometer

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement