Advertisement

Tingkatkan Literasi Baca, Hargorejo Pinjam Motor Perpustakaan Keliling, Ini Alasannya

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 02 September 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Tingkatkan Literasi Baca, Hargorejo Pinjam Motor Perpustakaan Keliling, Ini Alasannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulonprogo melayani peminjaman buku secara digital. ist/Antara - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo terus berupaya meningkatkan literasi baca masyarakatnya. Salah satunya dengan meminjam motor perpustakaan keliling dengan box untuk dapat menjangkau padukuhan terpencil di wilayahnya.

Lurah Hargorejo, Bhekti Murdayanto, mengatakan bahwa peminjaman kendaraan tersebut merupakan kedua kalinya. Dengan begitu setiap padukuhan akan mendapat kesempatan untuk membaca buku.

Advertisement

BACA JUGA: Perkuat Literasi, Perpustakaan Jogja Gelar Lomba Anak Bertutur

"Itu motor roda dua tapi ada box nya. Sekarang ini hanya perpanjangan durasi perpanjangan saja. Tahun 2022 itu kami mengajukan permohonan ke Perpustakaan Pusat. Dapat motor, box, dan buku.Tapi pengampunya Dispusip. Perjanjiannya peminjaman belum dihibahkan," kata Bhekti, Jumat (1/9/2023).

Bhekti mengaku tidak semua dapat mengoperasikan motor tersebut karena bebannya yang berat. Oleh karena itu, dalam beberapa kesempatan, dukuh akan mengendarainya untuk dibawa ke wilayahnya ditemani petugas perpustakaan kalurahan. "Pengelola kalurahan di Hargorejo hanya satu orang. Dulu ada dua orang, lalu nikah dan cari pekerjaan lain," katanya.

Satu box tersebut hanya dapat memuat sekitar 125 buku. Melalui buku-buku tersebut, dia berharap kompetensi warga Hargorejo dapat meningkat. "Saat ini anak-anak sukanya main handphone. Dengan buku, minat baca dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Soalnya ada pelatihan dan program-program literasi yang kami berikan," ucapnya.

BACA JUGA: Dari 650 Perpustakaan, Baru Ada 176 Perpustakaan Terakreditasi di Kulonprogo

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kulonprogo, Duana Heru Supriyanta mengatakan bahwa demi memberi kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan kegiatan literasi di Kalurahan Hargorejo, maka pihaknya menjalin kerja sama dengan Kalurahan Hargorejo.

"Selama ini kami merasa bangga sekaligus mengapresiasi karena ada Perpustakaan Kalurahan yang begitu bagus di Kalurahan Hargorejo. Gedungnya megah, koleksinya lengkap, program dan kegiatannya beragam dan hidup," kata Duana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement