Advertisement

Perkuat Literasi, Perpustakaan Jogja Gelar Lomba Anak Bertutur

Triyo Handoko
Rabu, 16 Agustus 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Perkuat Literasi, Perpustakaan Jogja Gelar Lomba Anak Bertutur Peserta lomba bertutur saat tampil yang diselenggarkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jogja, Selasa (15/8 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Jogja menggelar lomba bertutur tingkat siswa SD sederajat di wilayahnya, Selasa (15/8/2023). Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi anak di Kota Jogja.

Lomba bertutur yang diikuti anak usia SD ini mengangkat cerita-cerita nusantara. Total peserta lomba ini sebanyak 64 anak kelas VI dan V dari SD dan MI sek Kota Jogja.

Advertisement

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Nunun Zulaikha menjelaskan upaya peningkatan literasi lewat lomba ini diharapkan mengajarkan anak membaca cerita nusantara terlebih dahulu. Kemudian anak dapat memahami cerita tersebut, kemudian menceritakannya lagi ke orang lain.

BACA JUGA : Hari Ini Anak Muda di Kulonprogo, Diajak Literasi Digital

“Dalam lomba ini penceritaan anak ditangkap oleh penonton, sehingga dengan proses seperti itu anak akan terbiasa dengan budaya literasi,” jelasnya, Selasa siang.

Aspek penilaian didasarkan pada kejelasan cerita, komunikasi yang dibangun siswa ke penonton, penekanan kalimat, intonasi, gestur, dan ekspresi. “Hari ini yang mengikuti adalah finalis lomba sebanyak 20 orang, sebelumnya sudah digelar babak penyisihan dari total 64 peserta itu,” katanya.

Untuk mengapresiasi pemenang lomba, jelas Nunun, DPK Kota Jogja menyediakan hadia untuk juara I uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta, juara II mendapatkan Rp2,25 juta, juara  III sebesar Rp2 juta, sementara juara harapan I dan II mendapatkan Rp1,75 juta dan Rp1,5 juta. “Prinsipnya bukan hadiahnya tapi budaya membaca itu yang ingin kami sasar ke seluruh peserta,” ujarnya.

Salah satu peserta lomba, Kenzi menyebut senang mengikuti lomba tersebut. “Karena hobi membaca dan mendongeng juga jadi ikut sudah senang sekali menambah teman juga,” katanya.

BACA JUGA : Gelar ToT di UNY, OJK Sasar Mahasiswa Jadi Agen Literasi Keuangan

Siswa kelas V SDN Lempuyangwangi 4  tersebut menuturkan cerita asal usul Gua Kiskendo. “Suka membaca karena suka didongengin jadi kalau buku cerita suka bacanya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement