Advertisement

Dilantik Jadi Dirut Bank Bantul, Ini yang Akan Dilakukan Bambang Suryo Wibowo

Ujang Hasanudin
Selasa, 05 September 2023 - 16:27 WIB
Ujang Hasanudin
Dilantik Jadi Dirut Bank Bantul, Ini yang Akan Dilakukan Bambang Suryo Wibowo Direktur Utama BPR Bank Bantul Bambang Suryo Wibowo saat dilantik oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (kiri) di Parasamya, Kompleks Pemkab Bantul, Senin (4/9/2023). - Istimewa.dok.Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melantik Bambang Suryo Wibowo sebagai Direktur Utama (Dirut) PT. BPR Bank Bantul (Perseroda) periode 2023-2028, Senin (4/9/2023).

Sebagaiman diketahui jabatan direktur utama bank plat merah itu kosong beberapa bulan setelah ditinggal oleh Heriska Arfiani yang mengundurkan diri. Halim meminta direktur baru Bank Bantul segera menyesuaikan diri dengan tugasnya dan bisa membawa Bank Bantul  benar-benar solid secara internal untuk menghadapi tantangan eksternal.

Advertisement

Tantangan tersebut di antaranya mengahdapi masalah-masalah non performing loan atau keredit bermasalah yang sampai saat ini perlu dituntaskan. “Kinerja Bank Bantul juga harus ditingkatkan. Untuk itu Pemda Bantul sebagai induk perusahaan secara konsisten memberikan keberpihakan, perlindungan agar perusahaan ini bisa terus maju ke depan menjadi organisasi bisnis milik Pemda yang membanggakan,” katanya.

Selain itu keberadaan BPR Bank Bantul juga penting untuk memperkuat pendapatan daerah karena Bank Bantul diamanti oleh Pemkab untuk menjalankan fungsi profit oriented atau mencari keuntungan.   Karena itu perlu satu kerangka kerja di dalam BUMD ini dengan menggunakan prinsip prinsip ekonomi yang efisien, efektif yang mampu meningkatkan pendapatan secara berkelanjutan, yang ujungnya adalah kesejahteraan masyarakat Bantul.

“Karena deviden [pembagian laba] yang jadi pendapatan asli daerah ini akan kita gunakan untuk melakukan pembangunan dari segala bidang, maka diperlukan satu soliditas yang baik mulai dari direksi, komisaris, dan seluruh staf dan karyawan,” ujarnya.

BACA JUGA: Bank Bantul Dapat Suntikan Modal Rp3,5 Miliar dari APBD

Sementara itu, Direktur Utama BPR Bank Bantul Bambang Suryo Wibowo menyatakan siap merealisasikan apa yang menjadi harapan Bupati Bantul.  langkah awal yang akan dilakukannya setelah dilantik adalah menguatkan soliditas internal.

“Kami konsolidasi ke dalam, perbaharui komitmen, mere-fresh pikiran, mari bersama sama menjalankan apa yang diminta Pak Bupati, yaitu kesolidan internal yang akan membawa keberkahan untuk kesuksesan bersama,” ucapnya.

Terkait program, Bambang mengatakan sama seperti lembaga perbankan pada umumnya, yakni menghimpun dana dan menyalurkan kredit, serta penguatan pada Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM). Pihaknya akan melakukan  kolaborasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi di Bantul untuk ekspansi pelayanan kepada masyarakat.

Untuk pendapatan asli daerah (PAD) yang diseorkan Bank Bantul ke Pemkab tahun ini ditarget Rp4 miliar. Bambang meyakini target tersebut tercapai karena sampai akhir Agustus lalu sudah mencapai Rp3 miliar. “Kami yakin target itu terpenuhi,” katanya.

Bambang bukan orang baru di Bank Bantul. Ia merupakan bagian dari internal Bank Bantul yang sebelumnya menjabat sebagai Human Resources and General Affairs. Ia memastikan pertumbuhan Bank Bantul tahun ini cukup bagus.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Direkrut BKKBN, Ribuan Bidan Jadi Pahlawan Cegah Stunting Serta Dapatkan Angka Kredit Profesi

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement