Advertisement

Sound of Destination Kenalkan Wisata Watu Goyang

Media Digital
Minggu, 24 September 2023 - 06:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Sound of Destination Kenalkan Wisata Watu Goyang Pengunjung menikmati sajian musik dalam gelaran Sound of Destination (SOD) diobjek wisata Watu Goyang, Giriloyo, Mangunan, Imogiri, Sabtu (23/9/2023). - Istimewa

Advertisement

JOGJADinas Pariwisata (Dispar) DIY menyelenggarakan Sound of Destination (SOD) di Watu Goyang, Giriloyo, Mangunan, Imogiri, Sabtu (23/9/2023). Penyelenggaraan event musik ini untuk mempromosikan destinasi wisata baru tersebut.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar DIY, Anita Verawati menyampaikan tahun ini SOD mengusung pertunjukan live performance musik di destinasi wisata Watu Goyang.

Advertisement

Menurutnya, pertunjukan musik tersebut sengaja dilakukan di Watu Goyang untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut. “Tujuan kami memperkenalkan destinasi. Jadi ketika pengunjung datang ke sini diharapkan mereka mengetahui destinasi ini. Ketika mereka datang ke sini, mereka tentu melihat bintangnya dulu [musikus], setelah datang tidak hanya melihat musik tetapi juga destinasi ini,” katanya.

Dispar DIY sengaja memilih generasi muda sebagai segmen pengunjung event musik tersebut. Menurut Anita Verawati, generasi muda cenderung aktif di media sosial. Dengan begitu, lanjut Vera, diharapkan pengunjung turut mempromosikan destinasi tersebut melalui media sosial agar semakin dikenal masyarakat luas.

“Diharapkan mereka juga mempromosikan [destinasi]. Sehingga ini segmennya anak muda yang aktif di medsos. Diharapkan mereka bisa meworo-woro tempat ini. Kami ingin memperkenalkan tempat ini,” kata dia.

Menurut Vera, letak Watu Goyang yang berada pada dataran tinggi membuat destinasi wisata tersebut sangat menarik untuk dinikmati. “Dengan ke sini orang datang melihat keunikan dan keindahan Watu Goyang, bisa melihat makam raja-raja Imogiri dari atas. Di sini bagus, kita bisa membuat event seperti acara gathering atau rapat di sini sambil melihat view Jogja dari atas,” katanya.

Selain itu, menurut dia destinasi wisata tersebut juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain rumah joglo, toilet dan tempat parkir yang memadai, sehingga tempat tersebut dapat digunakan untuk pertemuan.

Menurutnya, pengelolaan destinasi wisata Watu Goyang melibatkan warga. Dalam event tersebut pun, warga berpartisipasi menyediakan beberapa produk UMKM melalui beberapa stan.

Sinergitas antara pemerintah, dan masyarakat dalam mengelola destinasi wisata tersebut dilakukan dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan warga setempat. “Sehingga semua kegiatan yang kita lakukan wajib [melibatkan] UMKM di sini. Jadi yang terlibat ada warga sini,” katanya.

BACA JUGA: 7 Wisata Alam Menarik di Seputaran Dlingo Bantul

SOD 2023 menampilkan musikus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang musik dari beberapa perguruan tinggi di DIY. Kemudian ada penampilan dari Niskala, Classic Rock Yogyakarta, MasJo, The Kick dan akan ditutup penampilan Utopia.

Selain itu, dalam SOD 2023 ada tenant merchandise dan makanan lokal yang dapat dinikmati pengunjung. “Dari awal SOD dilakukan memang mengusung misi kolaborasi musisi dengan tempat wisata yang ada di Jogja, harapannya keduanya memperoleh eksposur dan apresiasi yang lebih di mata penikmat musik, maupun penikmat pariwisata,” katanya.

Vera pun berharap SOD menjadi event yang memberi ruang apresiasi bagi musisi lokal maupun nasional serta menjadi ajang srawung-nya musikus berbagai genre dan dapat menambah eksposur venue yang merupakan tempat wisata.

Salah satu pengunjung, Aini, mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta Jurusan Keperawatan menyampaikan sengaja menyempatkan waktu di akhir pekan untuk menikmati sajian musik di Watu Goyang tersebut. Mahasiswi asal Wonosobo tersebut mengaku baru pertama kali berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

Menurutnya, destinasi wisata baru ini sangat menarik untuk dinikmati. “Tempatnya cukup bagus dan menarik, untuk nyore viewnya bagus, cocok dikunjungi untuk banyak orang. Saya belum pernah meng-eksplore tempat ini, jadi saya ingin tahu seperti apa tempat wisata ini,” katanya.

Promosi destinasi wisata Watu Goyang juga sejalan dengan gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang digencarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mempromosikan pariwisata dalam negeri. Menurut Vera, melalui program tersebut, Dispar DIY turut berupaya agar wisatawan dalam negeri khususnya DIY, dapat berkunjung ke destinasi wisata dalam negeri. Event di Watu Goyang itu diselenggarakan dengan dukungan Dispar DIY dan Kemenparekraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement