Advertisement

Rekayasa Lalu Lintas WJNC 2023, Ini Daftar Jalan Ditutup Sekitar Tugu Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Rekayasa Lalu Lintas WJNC 2023, Ini Daftar Jalan Ditutup Sekitar Tugu Jogja Rekayasa lalu lintas - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rakayasa lalu lintas dalam gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang diselenggarakan di kawasan Tugu Jogja pada Sabtu (7/10/2023) malam sudah disusun Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja. Gelaran WJNC ke-8 ini diprediksi menyedot kehadiran 35.000 hingga 40.000 penonton.

Banyaknya orang yang akan menyaksikan gelaran itu membuat Dishub melakukan rekayasa lalu lintas. Di mana jalan-jalan yang menuju kawasan Tugu Jogja akan ditutup sejak pukul 17.00 WIB, Sabtu sore.

Advertisement

Tak hanya menutup jalan, Dishub Kota Jogja juga menyediakan beberapa titik kantong parkir bagi masyarakat luas yang akan menonton pentas puncak perayaan HUT Kota Jogja itu. Selain itu, Dishub Jogja juga akan mengerahkan 88 personilnya untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

BACA JUGA : Wayang Jogja Night Carnival Gabungkan Antara Tokoh dan Lakon Pewayangan

Sekretaris Dishub Jogja Golkari Made Yulianto menjelaskan akan menutup empat titik yang mengarah ke kawasan Tugu dari empat arah mata angin. “Dari timur Tugu kami rekayasakan untuk menutup simpang empat Gramedia, atau simpang empat Galeria tergantung kondisinya nanti yang lebih efektif yang mana,” jelasnya, Jumat (6/10/2023).

Lalu dari arah barat kawasan Tugu, jelas Golkari, DIshub Jogja akan menutup simpang empat Pingit agar tidak ada kendaraan yang ke arah timur dari simpang tersebut. “Sementara dari sisi utara akan dilakukan penutupan di simpang empat Jetis, agar tidak memasuki Jl. AM Sangaji,” terangnya.

Sementara dari selatan kawasan Tugu, lanjut Golkari, penutupan akan dilakukan di depan Museum Sandi. “Tidak hanya jalan atau titik protokol utama yang akan ditutup, jalan sirip di sekitar kawasan itu juga akan ditutup. Supaya memastikan tidak ada yang ke arah Tugu Pal Putih,” paparnya.

Jalan sirip yang akan ditutup Dishub Jogja antara lain Jl. Asem Gede agar tidak ada yang menuju Jl, Jendral Sudirman. “Jl. Pakuningratan dan jalan sirip lain yang menuju Jl. AM Sangaji juga akan ditutup. Penutupan ini untuk menjaga kekondusifan dan keamanan bersama, tujuannya baik supaya pengendara tidak terjebak dan sulit kembali lagi,” terang Golkari.

Kantong parkir yang disediakan Dishub Jogja untuk pengunjung WJNC, sambung Golkari, sudah disiapkan di lima titik yang meliputi Bank Mandiri Jl. Jendral Sudirman, restoran cepat saji McD di Jl. Sudirman, Jl. Asem Gede, kawasan di Jl. AM Sangaji, hingga Jl Sabirin. “Kemungkinan akan ditambah melihat kondisinya nanti,” ungkapnya.

Golkari menjelaskan berdasarkan pengalaman gelaran WJNC 2022, tempat parkir yang disediakan tak mencukupi. “Tahun kemarin yang pengunjungnya 30 ribu itu juga belum mencukupi, maka tahun ini yang prediksinya lebih dari tahun lalu maka kami himbau untuk penonton tak memaksakan parkir di dekat lokasi WJNC,” ujarnya.

BACA JUGA : Koleksi Atribut dan Peraga WJNC Sejak 2016 Dipamerkan di PDIN Jogja

Kantong parkir yang ada jika sudah penuh akan ditutup, terang Golkari, sehingga penonton diminta mematuhi arahan petugas di lapangan. “Nanti pasti ada petugas yang memberikan arahan, jika tempat parkir penuh bisa parkir di lokasi lain yang mungkin agak jauh dari lokasi WJNC, itu harap dimaklumi agar semuanya kondusif dan tertib,” ucapanya.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas dan menyedihkan kantong parkir, Dishub Jogja juga akan melakukan sterilisasi kawasan Tugu Jogja. “Sebelum jam 17.00 WIB, kami juga akan menyisir kawasan Tugu terutama bagi kendaraan yang parkir disana kami minta agar bisa memindahkannya karena nanti bisa terjebak dan malah tidak bisa keluar. Sehingga kami imbau untuk mematuhi arahan petugas nantinya untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement