Advertisement

Gelar Aksi Demo di Simpang UIN, Mahasiswa Jogja Tuding MK Diperalat Dinasti Politik

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 06 Oktober 2023 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Gelar Aksi Demo di Simpang UIN, Mahasiswa Jogja Tuding MK Diperalat Dinasti Politik Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi di pertigaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (6/10/2023). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi di pertigaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (6/10/2023). Mereka meneriakkan adanya indikasi MK sedang diperalat untuk kepentingan dinasti politik.

Koordinator umum Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Yogyakarta Roby mengatakan, menjelang pemilihan presiden 2024 telah terjadi praktik politik kotor yang membodohi publik.

Advertisement

Saat ini sedang ada upaya oleh rezim penguasa menggunakan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai alat membangun dinasti politik. "Ada upaya-upaya rezim penguasa menggunakan Mahkamah Konstitusi untuk memberikan kekuasaan yang sangat mudah untuk keturunan dan keluarganya," kata Roby.

BACA JUGA: Minta Kejelasan soal Relokasi Jilid 2, Pedagang Malioboro Demo di Balai Kota Jogja

Menurutnya, upaya mengangkangi MK ini tidak seharusnya dilakukan karena merupakan bentuk keserakahan yang tidak sepatutnya dilakukan pemimpin.  "Keserakahan telah memporakporandakan demokrasi dengan memberikan keistimewaan relasi kuasa kekeluargaan yang kita sebut sebagai dinasti politik," tegasnya.

Seorang pemimpin, lanjut Roby, telah menerima mandat dari rakyat. Namun kepercayaan itu dihianati karena justru dijadikan alat untuk mendapatkan keistimewaan bagi keluarganya. "Tidak pantas seorang pemimpin yang diberikan kepercayaan mandat dari rakyat justru mencari jalan keistimewaan untuk kekuasaan untuk segelintir orang yang dekat dengan dirinya," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement