Advertisement

Ribuan Warga Gelar Kirab Budaya Meriahkan HUT Gilangharjo ke-77

Ujang Hasanudin
Minggu, 15 Oktober 2023 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Ribuan Warga Gelar Kirab Budaya Meriahkan HUT Gilangharjo ke-77 Kirab budaya dalam rangka HUT Kalurahan Gilangharjo ke-77, Minggu (15/10/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ribuan warga Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul mengikuti kirab budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kalurahan Gilangharjo ke-77, Minggu (15/10/2023). Kirab sejauh sekitar dua kilometer itu dimulai dari lapangan Jodog sampai kantor kalurahan setempat.

Lurah Gilangharjo, Pardiyana mengatakan kirab ini diikuti oleh pamong kalurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pelajar SD hingga SMA, serta masyarakat perwakilan dari 15 perdukuhan di Kalurahan Gilangharjo. “Totalnya yang hadir tadi ada sekitar 6.000 orang. Iring-iringannya diawali dari peserta pelajar, kemudian Bergodo Kalurahan, KWT, kemudian masing-masing perdukuhan ,” katanya.

Advertisement

Menurutnya peserta kirab yang hadir adalah warga Kalurahan Gilangharjo. Ia sangat terharu dengan kekompakan warganya yang sama-sama ikut dalam kegiatan tahunan tersebut, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

Kirab tersebut merupakan salah satu wujud syukur pemerintah maupun warga kepada Tuhan Yang maha Esa atas limpahan rezeki. Selain itu juga untuk menjaga silaturahmi dan kekompakan antarwarga maupun warga dan pamong kalurahan. “Untuk persatuan dan kesatuan, serta kekompakan,” ucapnya.

Kemudian yang terpenting adalah mengangkat semua potensi yang ada di wilayah Gilangharjo. Karena itu dalam kirab tersebut selain mengirab pusaka, juga membawa gunungan yang berisi hasil bumi, senjata dan peralatan tukang yang masih diproduksi dari zaman sulu sampai sekarang, produk UMKM, batik, keris, gamelan, wayang, dan berbagai kerajinan.

Atraksi seni dan budaya juga turut memeriahkan kirab tersebut. “Semoga dengan potensi ini bisa mengangkat ekonomi warga Gilangharjo,” ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, Gilangharjo juga ingin mengangkat potensi perajin gamelan, wayang, dan batik yang sudah menjadi warisan dunia. Pihaknya menginginkan Gilangharjo menjadi kalurahan pelestari budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Vladimir Putin Kembali Maju dalam Pemilu Presiden Rusia Maret 2024

News
| Sabtu, 09 Desember 2023, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement